Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi berjudul Asal-usul Candi Singasari dengan menggunakan media wayang beber pada siswa kelas VII-I SMPN 16 Malang / Fransisca Dara Ayu Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi berjudul Asal-usul Candi Singasari dengan menggunakan media wayang beber pada siswa kelas VII-I SMPN 16 Malang / Fransisca Dara Ayu Pertiwi

Pertiwi, Fransisca Dara Ayu (2015) Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi berjudul Asal-usul Candi Singasari dengan menggunakan media wayang beber pada siswa kelas VII-I SMPN 16 Malang / Fransisca Dara Ayu Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Fransisca Dara Ayu. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berjudul Asal-usul Candi Singasari dengan Menggunakan Media Wayang Beber pada Siswa Kelas VII-I SMPN 16 Malang. Skripsi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dwi Sulistyorini S.S. M. Hum Kata kunci Kemampuan menulis teks eksplanasi wayang beber. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan spresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Salah satu kompetensi dasar kemampuan menulis untuk sekolah menengah pertama adalah menulis teks eksplanasi baik secara lisan maupun tulis. Pembelajaran menulis teks eksplanasi telah dilaksanakan di SMP Negeri 16 Malang tetapi hasil yang diperoleh belum memenuhi standart ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan yaitu 75. Pada observasi diketahui adanya permasalahan yang dialami siswa kelas VII-I SMP Negeri 16 Malang dalam menulis teks eksplanasi permasalahan yang dialami yaitu permasalahan pada hasil dan proses pembelajaran. Dari permasalahan yang ditemukan peneliti dan guru bahasa Indonesia kelasa VII-I SMP Negeri 16 Malang berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan yang dialamni oleh guru dan siswa dengan merencanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan media wayang beber. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII-I SMPN 16 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tangal 02 April 2012 sampai dengan 24 April 2014 di SMP Negeri 16 Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas VII-I data penelitian ini adalah data produk hasil menulis teks eksplanasi dan catatan lapangan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi dari pratindakan (32 25%) ke siklus I (64 51%) dan silkus I (64 51%) ke siklus II (100%) dalam aspek isi dan aspek kebahasaan. Kualitas pembelajaran meningkat dalam hal keaktifan kerjasama dan keberanian. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media wayang beber dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII-I. Berdasarkan penelitian peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan media wayang beber dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dan melaksanakan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk aktif dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia salah satunya dengan menggunakan media wayang beber.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item