Analisis kesalahan pengembangan paragraf siswa kelas XI SMk Muhammadiyah 1 Kota Malang / Lutfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan pengembangan paragraf siswa kelas XI SMk Muhammadiyah 1 Kota Malang / Lutfiana

Lutfiana (2015) Analisis kesalahan pengembangan paragraf siswa kelas XI SMk Muhammadiyah 1 Kota Malang / Lutfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lutfiana.2014. AnalisisKesalahanPengembanganParagrafSiswaKelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang.Skripsi.JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M. Pd (2) Dr. Imam AgusBasuki M. Pd. Kata Kunci analisiskesalahan pengembanganparagraf pembelajaranmenulis. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan membaca keterampilan menyimak keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Menulis memerlukan kreativitas berpikir karena harus merealisasikan gagasan yang dimiliki dalam sebuah paragraf. Selain itu dalam menulis dituntut untuk berpikir sistematis dan logis sehingga pembaca dapat memahami isi yang diungkapkan oleh penulis termasuk dalam menulis paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam pengembangan paragaraf siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang ditinjau dari syarat kelengkapan kesatuan kepaduan dan ejaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan desain yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian kualitatif ini termasuk analisis dokumen karena peneliti menganalisis dokumen dan mendeskripsikan hasil penelitian tersebut.Data penelitian ini berupa kesalahan pengembangan paragraf. Data tersebut diperoleh dari tes menulis dan dianalisis berdasarkan pedoman analisis kesalahan paragraf yang terdiri atas kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syaratkelengkapan kesatuan kepaduan dan ejaan. Sumber data penelitian ini adalah teks paragraf. Berdasarkan analisis data ditemukan empat kesalahan dalam menulis paragraf siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang yaitu(1) kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kelengkapan (2)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kesatuan (3)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kepaduan dan (4)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat ejaan.Kesalahan dalam pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kelengkapan meliputi 1) dalam paragraf terdapat gagasan pokok tetapi tidak terdapat gagasan penjelas dan 2) dalam paragraf tidak terdapat gagasan pokok tetapi terdapat gagasan penjelas. Kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kesatuan meliputi(1) tidak terdapat gagasan pokok yang sesuai 2) terdapat dua atau lebih gagasan pokok dalam paragraf 3) terdapat satu gagasan penjelas yang menyimpang dari gagasan pokok dan 4) terdapat dua atau lebih gagasan penjelas yang menyimpang dari gagasan pokok. Kesalahan dalam pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kepaduan meliputi (1) kesalahan penggunaan kata gantidan (2) terdapat satu kalimat yang tidak berkaitan.Kesalahan penggunaan ejaan dalam mengembangkan paragraf mencakup(1) kesalahan penggunaan huruf kapital (2) kesalahan penggunaan kata depan (3) kesalahan penggunaan tanda titik dan (4) kesalahan penggunaan tanda koma. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dikemukakan saran(1) guru disarankan untuk preventif atau memikirkan strategi/metode pembelajaran yang meminimalkan terjadinya kesalahan tersebut (2) siswa siswa disarankan untuk belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut agar tidak terjadi kesalahan di kemudian dan (3) disarankan peneliti selanjutnya membahas metode atau strategi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9429

Actions (login required)

View Item View Item