Kemampuan menyimak untuk menemukan pokok-pokok isi teks berita siswa kelas VIII A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 / Salamed Kwadarkwasir - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menyimak untuk menemukan pokok-pokok isi teks berita siswa kelas VIII A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 / Salamed Kwadarkwasir

Kwadarkwasir, Salamed (2015) Kemampuan menyimak untuk menemukan pokok-pokok isi teks berita siswa kelas VIII A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 / Salamed Kwadarkwasir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salamed Kwadarkwasir 2014/2015. Kemampuan Menyimak untuk Menemukan Pokok-Pokok Isi Teks Berita Siswa Kelas VIII-A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M. Pd. Kata Kunci Menyimak berita 12288 12288 12288 Berita merupakan kabar atau informasi yang disampaikan kepada orng lain. Penyampaian berita dapat dilakukan secara lisan maupun tertulis baik langsung atau melalui berbagai media. Untuk pembelajaran menyimak bahan simakan berita dapat diambil secara langsung dari penutur atau pembicara diskusi seminar dan dapat pula diambil dari media radio. Setela siswa menyimak selanjutnya siswa ditugasi (a) menuliskan kembali pokok-pokok berita yang disimak (b) menuliskan isi berita yang disimak (c) memberi tanggapan terhadap berita yang disimak.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyimak pokok-pokok isi teks berita. 12288 12288 12288 Data Penelitian ini berupa skor kemampuan siswa menyimak berita menggunakan media audio tes viswal siswa kelas VIII-A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang. Instrumen penelitian berupa dan rubric penilaian menyimak berita. Penyekoran dilakukan dengan metode analitik yakni dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang teliti. Aspek-aspek yang di teliti dalam penelitian ini meliputi aspek apa dimana siapa kapan mengapa dan bagaimana. Setelah penyekoran selesai dilakukanlah penilaian per aspek berdasarkan pedoman penilaian yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan (2 ) pengkodean (3) penilaian. Hasil analisis penelitian kemampuan berita dengan menggunakan media audio visual kelas VIII-A SMP Kristen 1 YPK Kota Malang dilihat dari aspek Apa dinyatakan bahwa terdapat 9 siswa (69 23%) mendapat kualifikasi sangatmampu terdapat 2 siswa (15 38%) mendapat kualifikasi mampu terdapat 2 siswa (15 38%) mendapat kualifikasi kurang mampu. Hal ini dapat diartikan bahwa sebanyak 11 siswa yang mampu menjawab dengan sangat mampu apa yang terjadi dalam berita yang disimak. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan menyimak berita dilihat dari aspek Dimana dinyatakan bahwa terdapat 6 siswa (46 15%) mendapat kualifikasi sangat mampu terdapat 7 siswa (53 48%) mendapat kualifikasi mampu menjawab peristiwa apa yang terjadi. Kemampuan siswa menyimak berita dilihat dari aspek Siapa dinyatakan bahwa terdapat 6 siswa (46 15%) mendapat kualifikasi sangat mampu terdapat 7 siswa (53 85%) mendapat kualifikasi mampu. Artinya terdapat 13 siswa berhasil menjawab Siapa yang ada dalam peristiwa yang terjadi. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan siswa menyimak berita dilihat dari aspek Kapan dinyatakan bahwa terdapat 4 siswa (30 76%) mendapat kualifikasi sangat mampu terdapat 2 siswa (15 38%) mendapat kualifikasi mampu menjawab kapan peristiwa itu terjadi. Kemampuan siswa menyimak berita dilihat dari aspek Mengapa dinyatakan bahwa terdapat 2 siswa (15 38%) mendapat kualifikasi sangat mampu terdapat 10 siswa (76 92%) mendapat kualifikasi mampu dan terdapat 1 siswa (7 69%) mendapat kualifikasi cukup mampu. Artinya terdapat 10siswa (76 92%) berhasil menentukan bagaimana terjadinya peristiwa sehingga masih tergolong kategori mampu. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan siswa menyimak berita dilihat dari aspek Bagaimana dinyatakan bahwa terdapat 5 siswa (38 46%) mendapat kualifikasi sangat mampu terdapat 5 siswa (38 46%) mendapat kualifikasi mampu dan terdapat 3 siswa (23 08%) mendapat kualifikasi cukup mampu. Secara umum siswa sudah mampu menyimak berita dengan menngunakan media audio viswal dan terdapat beberapa separunya yang melewati SKM yang ditentukan. Hanya saja untuk aspek kapan masih terdapat banyak siswa yang susah menjawab kapan peristiwa itu terjadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada guru bahasa Indonesia dan peneliti yang lain. 12288 12288 12288 12288 Kepada guru bahasa Indonesia agar meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak berita dengan menggunakan berbagai media dan kepada peneliti lain metode untuk menyempurnakan aspek-aspek dalam menyimak berita masih banyak yang harus digali kembali sehingga ada banyak cara yang bisa digunakan untuk pembelajaran menyimak berita. 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9428

Actions (login required)

View Item View Item