Pipy, Yulian (2015) Kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yulian Pipy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pipy Yulian. 2014. KemampuanMenulisPuisiBebasSiswaKelas VIII SMP LaboratoriumUniversitasNegeri Malang TahunAjaran 2013/2014.Skripsi JurusanBahasa Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd Kata Kunci kemampuanmenulis puisi bebas 12288 12288 12288 12288 12288 Menulis adalah kemampuan yang harus dikuasai siswa untuk mengungkapkan pikiran pikiran gagasan dan perasaan. Kemampuan menulis siswa dituangkan dalam kompetensi dasar menulis. Melalui kemampuan menulis diharapkan siswa berani dalam mengutarakan pikiran-pikirannya. Pada saat ini peneilitian mengenai kemampuan siswa dalam menulis masih jarang dilakukan untuk itulah peneliti meneliti kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi dilihat dari aspek tema amanat diksi rima. 12288 12288 12288 12288 12288 Data penelitian ini berupa skor yang diperoleh dari kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian menulis puisi. Penyekoran dilakukan dengan metode analitik yakni dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang diteliti. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi aspek tema amanat diksi rima. Setelah penyekoran selesai dilakukanlah penilaian peraspek berdasarkan pedoman penilaian yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan (2) pengkodean (3) penilaian. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis penilitian kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dilihat dari aspek tema menulis puisi dinyatakan bahwa sebanyak 6 siswa (25%) mendapatkan kualifikasi sangat baik 8 siswa (33 33%) mendapatkan kualifikasi baik 10 siswa (41 66%) mendapatkan kualifikasi cukup baik. Hal ini dapat diartikan bahwa sebanyak 24 siswa (100%) mendapatkan nilai di atas SKM yaitu 75 sedangkan 10 siswa (41 66%) mendapat nilai di bawah SKM. Kemampuan menulis puisi dilihat dari aspek amanat menulis puisi sebanyak 24 siswa (100%) mendapatkan kualifikasi sangat baik. Artinya sebanyak 24 siswa mendapat nilai di atas SKM. Kemampuan menulis puisi siswa dilihat dari aspek diksi sebanyak 6 siswa (33 33%) mendapatkan kualifikasi sangat baik sebanyak 2 siswa (8 33%) mendapat kualifikasi baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sebanyak 16 siswa (66 66%) mendapat nilai di atas SKM. Aspek rima sebanyak 3 siswa (12 5%) mendapat kualifikasi baik hanya 5 siswa (20 83%) mendapat kualifikasi kurang. 12288 12288 12288 12288 12288 Secara umum siswa sudah mampu menulis puisi bebas. Hanya saja untuk aspek rima masih saja sangat kurang. Saran untuk guru Bahasa Indonesia maupun pihak sekolah sebaiknya meningkatkan kemampuan siswa mengekspresikan diri. Saran untuk peneliti lain penggalian metode untuk menyempurnakan aspek-aspek dalam menulis puisi masih banyak yang harus digali kembali. Sehingga ada banyak cara yang bisa digunakan guru untuk pembelajaran dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |