Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik untuk siswa kelas X SMA / Juma'ati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik untuk siswa kelas X SMA / Juma'ati

Juma'ati (2015) Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik untuk siswa kelas X SMA / Juma'ati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juma ati. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Puisi Baru dengan Metode Sinektik untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis kreatif puisi baru metode sinektik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang disusun secara prosedural dan sistematis. Berdasarkan hasil pengamatan awal ditemukan kendala-kendala bahwa guru kesulitan mengajarkan menulis puisi kepada siswa. Selain itu siswa mengalami hambatan dalam menulis kreatif puisi. Siswa kesulitan memunculkan diksi berdasarkan ide-ide kreatifnya karena kondisi proses kreatif tidak sesuai dengan kondisi fisik dan psikis siswa. Oleh karena itu bahan ajar dibutuhkan untuk membantu keefektifan proses pembelajaran di kelas dan membantu proses kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar dapat digunakan untuk membantu keefektifan proses belajar mengajar di kelas. Secara umum tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik. Berdasarkan tujuan umum tersebut dijabarkan empat tujuan khusus penelitian yaitu mengembangkan (1) sistematika bahan ajar (2) deskripsi isi bahan ajar (3) penggunaan bahasa bahan ajar dan (4) tampilan bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari desain model pembelajaran Dick Carey yang terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba dan (4) tahap revisi. Instrumen penelitian ini berupa pedoman pengamatan wawancara dan angket kelayakan produk. Subjek coba penelitian ini melibatkan subjek coba perseorangan yaitu ahli dan praktisi dan kelompok kecil yaitu siswa berjumlah 6 orang. Data berupa hasil menulis puisi siswa yang dianalisis dengan menggunakan kriteria kualifikasi kelayakan dan saran perbaikan dari angket. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar berdasarkan persentase kelayakan produk bahan ajar. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian dan hasil kegiatan menulis puisi kreatif dengan metode sinektik dan (2) mentranskrip data verbal tulis (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan perbaikan terhadap produk yang dikembangkan apakah harus direvisi atau diimplementasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba dengan ahli materi menulis puisi dan praktisi/guru bahasa Indonesia aspek sistematika bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 80 56% aspek deskripsi isi bahan ajar mencapai persentase 83 33% aspek penggunaan bahasa bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79 16% dan aspek tampilan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 75 61%. Aspek tampilan dari hasil uji coba ahli desain bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 76 14%. Hasil rata-rata persentase keseluruhan tersebut dapat diartikan bahwa seluruh aspek bahan ajar menulis kreatif puisi dengan metode sinektik layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba dengan kelompok kecil/siswa yang diperoleh dari penyebaran angket aspek sistematikan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 81 25% aspek deskripsi isi bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79 17% aspek penggunaan bahasa bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79 17% dan aspek tampilan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79 17%. Hasil rata-rata persentase keseluruhan tersebut dapat diartikan bahwa seluruh aspek bahan ajar menulis kreatif puisi dengan metode sinektik layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan disarankan kepada guru siswa dan peneliti lain. Guru disarankan untuk menerapkan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik dalam pembelajaran menulis kreatif puisi sehingga pembelajaran menulis kreatif puisi berjalan efektif. Siswa disarankan untuk membaca bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik karena bahan ajar tesebut dapat membantu menumbuhkembangkan kemampuan mereka dalam hal belajar mandiri dan tidak ketergantungan terhadap kehadiran guru. Selanjutnya peneliti lain disarankan untuk membaca penelitian ini sebagai sumber acuan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item