Keefektifan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa SMA / Diyah Ayu Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa SMA / Diyah Ayu Candra

Candra, Diyah Ayu (2015) Keefektifan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa SMA / Diyah Ayu Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Candra Diyah Ayu. 2014. Keefektifan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Djoko Saryono M. Pd. (II) Dr. Heri Suwignyo M. Pd. Kata kunci metode pembelajaran berbasis proyek pembelajaran menulis cerpen Menulis merupakan kegiatan yang sulit dikuasai karena melibat semua apek ketrampilan berbahasa. Salah satu pembelajaran dalam ketrampilan menulis adalah menulis cerpen. Berdasarkan wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerpen siswa mengalami kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengan kurangnya ketrampilan menulis rasa malas minimnya perbendaharaan bahasa dan kurangnya wawasan atau kepekaan sosial. Dari sisi guru kadang muncul kesulitan-kesulitan dalam memberikan bimbingan secara intensif karena jumlah siswa sangat banyak dan waktu pemberian bimbingan yang singkat. Perlu metode yang tepat agar mampu mendorong siswa untuk aktif menyampaikan ide-idenya melalui menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMA. Aspek yang menjadi masalah dalam penelitian ini yakni menentukan tema mengembangkan tokoh mendeskripsikan alur dan menggambarkan latar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu/ eksperimen kuasi menggunakan tes awal (prates) dan tes akhir (pascates). Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen pada kelas X di SMA N 1 Durenan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Durenan kelas X-6. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan maksud tujuan tertentu agar tercapai hasil yang diinginkan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara tes awal (prates) dan tes akhir (pascates). Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan pedoman peskorannya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil tes yang diperoleh pada saat prates dan pascates. Data dalam penelitian ini berupa nilai menentukan tema tokoh dan penokohan alur dan pengaluran serta latar dan pelataran dalam cerpen yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah dialami siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa SMA. Pada aspek menentukan tema diperoleh nilai rata-rata kelas pada prates sebesar 17.830 sedangkan pada pascates sebesar 19.889. Pada aspek mengembangkan tokoh diperoleh nilai rata-rata kelas pada prates sebesar 17.110 sedangkan pada pascates sebesar 19.632. Pada aspek mendeskripsikan alur diperoleh nilai rata-rata kelas pada prates sebesar 15.352 sedangkan nilai rata-rata kelas pada pascates sebesar 19.301. Pada aspek menggambarkan latar diperoleh nilai rata-rata kelas pada prates sebesar 16.176 sedangkan pada pascates sebesar 18.713. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan untuk pembelajaran menulis cerpen kelas X SMA N 1 Durenan pada aspek menentukan tema menggambarkan tokoh dan penokohan latar dan pelataran serta alur dan pengaluran. Saran bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya guru SMA N 1 Durenan adalah guru dapat menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain bisa menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek pada aspek lain seperti dalam menentukan amanat gaya bahasa dan sudut pandang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item