Yanuar, Agregat Illah Nur (2015) Pengaruh penggunaan multimedia interaktif menulis puisi terhadap kemamouan menulis puisi siswa kelasa VIII SMPN 3 Kota Malang tahun ajaran 2013/2014 / Agregat Illah Nur Yanuar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yanuar Agregat Illah Nur 2014. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Menulis Puisi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M. Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Menulis Puisi Kemampuan Menulis Puisi. Puisi merupakan salah satu kemampuan menulis pada bidang sastra. Kemampuan menulis puisi penting dikuasai oleh siswa karena menulis puisi juga merupakan salah satu cara untuk melatih kepekaan terhadap lingkungan. Puisi merupakan salah satu sarana dalam mengekspresikan perasaan atau ide yang merangsang panca indra ke dalam suatu tulisan. Untuk mengembangkan kemampuan menulis puisi maka dilakukan pembelajaran melalui multimedia interaktif menulis puisi yang dapat dioperasionalkan secara mandiri. Melalui penelitian inilah pengaruh penggunaan multimedia interaktif menulis puisi terhadap kemampuan menulis puisi siswa diuji. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pengaruh penggunaan multimedia interaktif menulis puisi terhadap aspek penggunaan gaya bahasa (2) pengaruh penggunaan multimedia interaktif menulis puisi terhadap aspek pilhan kata (diksi) (3) pengaruh penggunaan multimedia interaktif menulis puisi terhadap aspek imaji dan (4) pengaruh penggunaan multimedia interkatif menulis puisi terhadap aspek penggunaan rima pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design) dengan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Malang dengan sampel kelas VIII.8 (kelas eksperimen) dan kelas VIII.7 (kelas kontrol). Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan multimedia interaktif menulis puisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal menulis puisi dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa dengan penggunaan multimedia interaktif menulis puisi dengan tanpa penggunaan multimedia interaktif menulis puisi. Secara khusus penggunaan multimedia interaktif menulis puisi berpengaruh pada (1) kemampuan pemilihan diksi (2) kemampuan penggunaan imaji (3) kemampuan penggunaan majas dan (4) kemampuan penggunaan rima. Pada posttest yang dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan ada perbedaan yang cukup signifikan. Ditinjau dari nilai rerata kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Pada tiap aspek terdapat selisih nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol menunjukkan rerata lebih tinggi daripada kelas kontrol pada posttest. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata 75 68 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 50 86. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan temuan pada saat penelitian adalah (1) multimedia interaktif menulis puisi ini menjadi bahan ajar mandiri siswa (2) penggunaan multimedia interaktif menulis puisi dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang beragam dan menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9419 |
Actions (login required)
View Item |