Enam pilar pendidikan etika dalam buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK (kurikulum 2013) / Amazona Dewi Pertiwi

Pertiwi, Amazona Dewi (2014) Enam pilar pendidikan etika dalam buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK (kurikulum 2013) / Amazona Dewi Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ertiwi, Amazona Dewi. 2014. Enam Pilar Pendidikan Etika dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK (Kurikulum 2013). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Nurhadi, M.Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si. Kata kunci: pendidikan etika, nilai karakter, buku teks &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Perubahan dan perkembangan sistem pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi zaman dan kebutuhan peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan diberlakukannya perubahan kurikulum yaitu Kurikulum 2013 yang menekankan pendidikan karakter. Berhubungan dengan hal itu, maka buku teks yang digunakan harus memuat nilai-nilai karakter yang telah tercantum dalam Kompetensi Inti. Dengan demikian, sangat perlu dilakukan pembahasan mengenai muatan nilai-nilai karakter dalam buku teks yang digunakan dalam Kurikulum 2013. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi tim penyusun buku sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan buku teks pada tahun ajaran berikutnya. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan kajian evaluatif. Data penelitian ini adalah berupa skor dan kutipan-kutipan buku yang mengilustrasikan nilai karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan diadaptasi dari beberapa buku yaitu (1) buku yang berjudul Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Nurhadi (1995), (2) buku yang berjudul Pedoman Pendidikan Akhlak Mulia Siswa oleh Departemen Pendidikan Nasional (2009), (3) buku yang berjudul Text Book Writing yang ditulis oleh Masnur Muslich (2010). &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Dalam buku teks tersebut, terdapat empat aspek yang diteliti antara lain aspek sajian, aspek isi, aspek bahasa dan aspek grafika. Kriteria skor dari setiap nilai adalah sangat kurang jika skor tersebut mencapai 0% ÔÇô <25%, kurang jika skor mencapai 25% ÔÇô <50%, cukup jika skor mencapai 50% ÔÇô <75% dan baik jika skor mencapai 75% ÔÇô 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang termuat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X tidak seimbang. Muatan nilai religi masih kurang, karena muatan nilai tersebut kurang dari 50% dari kriteria yang ditentukan. Muatan nilai jujur juga masih kurang karena muatan nilai tersebut kurang dari 50% dari kriteria yang ditentukan. Muatan nilai disiplin juga masih kurang karena muatan nilai tersebut kurang dari 50% dari kriteria yang ditentukan. Muatan nilai tanggung jawab dinilai cukup karena muatan nilai tersebut lebih dari 50% dari kriteria yang ditentukan. Muatan nilai peduli juga dinilai cukup karena muatan nilai tersebut mencapai lebih dari 50% dari kriteria yang ditentukan. Muatan nilai santun juga dinilai cukup karena muatan nilai tersebut lebih dari 50% dari nilai yang ditentukan. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Dilihat dari setiap aspek, muatan nilai karakter berbeda-beda. Dilihat dari aspek sajian, nilai karakter yang paling menonjol adalah nilai peduli. Dari aspek isi, nilai karakter yang paling menonjol adalah nilai disiplin, nilai tanggungjawab dan nilai peduli. Dari aspek bahasa, nilai karakter yang menonjol adalah nilai jujur. Sedangkan dari aspek grafika nilai karakter yang paling menonjol adalah nilai tanggungjawab dan peduli. Jika dicermati, nilai karakter peduli selalu lebih unggul dalam tiga aspek dibandingkan nilai karakter yang lain. Kestabilan muatan nilai karakter tersebut terlihat pada aspek sajian, isi dan grafika. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Berdasarkan hasil penelitian tersebut, muatan nilai karakter religi dalam buku teks masuk dalam kriteria kurang. Oleh sebab itu, akan lebih sempurna jika muatan nilai religi lebih ditekankan lagi dalam aspek sajian dan isi. Hal ini disebabkan karena nilai religi tercantum dalam Kompetensi Inti I (tidak disejajarkan dengan nilai karakter lain), sehingga nilai religi menjadi nilai karakter penting yang harus diterapkan. Muatan nilai karakter jujur akan lebih sempurna jika pada aspek sajian dan grafika lebih ditekankan. Muatan nilai karakter disiplin akan lebih sempurna jika pada aspek grafika lebih ditekankan. Muatan nilai karakter tanggungjawab sudah termasuk dalam kriteria cukup, sehingga tidak perlu banyak penambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9414

Actions (login required)

View Item View Item