Agustina, Marinda (2014) Pengembangan media interaktif pembelajaran teks hasil observasi untuk siswa SMP kelas VII / Marinda Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina Marinda. 2014. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Teks Hasil Observasi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Kusubakti Andajani S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Widodo H.S M.Pd. Kata Kunci media interaktif teks hasil observasi. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan IPTEK memperkenalkan adanya multimedia sebagai media pembelajaran bersifat kompleks yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar karena menggabungkan aspek visual dan audio. Salah satu program komputer yang dapat dijadikan media pembelajaran adalah Macromedia Flash yakni program animasi yang professional dan berguna untuk melatih siswa mengamati menelaah dan menangkap materi secara jelas melalui tayangan yang disajikan dalam media. Pembelajaran teks hasil observasi mengajarkan kepada siswa bagaimana menggali informasi melalui pengamatan bertanya mencoba kemudian mengolah data atau informasi menyajikan data atau informasi dilanjutkan dengan menganalisis menalar menyimpulkan dan mencipta suatu teks hasil observasi melalui pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media interaktif pembelajaran teks hasil observasi untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi isi (2) menghasilkan produk media interaktif pembelajaran teks hasil observasi untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi bahasa dan (3) menghasilkan produk media interaktif pembelajaran teks hasil observasi untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi tampilan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983). Model pengembangan ini dimodifikasi menjadi sembilan tahapan yakni (1) penelitian dan pengumpulan data (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan draf produk dan pembuatan instrumen evaluasi (4) tahap uji ahli (5) tahap revisi hasil uji ahli (6) tahap uji praktisi (7) tahap penyempurnaan produk hasil uji praktisi (8) tahap uji coba terbatas dan (9) tahap penyempurnaan produk akhir. Uji coba produk dilakukan melalui tiga tahapan yakni (1) uji ahli materi dan media (2) uji praktisi (guru Bahasa Indonesia) dan (3) uji coba terbatas (25 orang siswa). Instrumen pengambilan data hasil uji coba menggunakan pedoman wawancara dan angket uji produk. Data hasil uji coba yang dihasilkan berupa data kuantitatif dalam bentuk skor penilaian dan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari subjek coba. Analisis data diperoleh dengan langkah (1) menyajikan data hasil pengembangan media dari struktur isi melalui nilai penghitungan data kuantitatif (2) menyajikan data hasil pengembangan media dari struktur bahasa melalui nilai penghitungan data kuantitatif dan (3) menyajikan data hasil pengembangan dari struktur tampilan media melalui nilai penghitungan data kuantitatif. Perbaikan media pembelajaran dilakukan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli materi ahli media praktisi dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Media interaktif ini terdiri dari kurang lebih 130 tampilan (slide) yang menyajikan empat kompetensi dasar pembelajaran teks hasil observasi yang meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan. Aspek pengetahuan terdiri dari dua kompetensi dasar yaitu (1) memahami teks hasil observasi melalui lisan maupun tulisan dan (2) mengklasifikasi teks hasil observasi melalui lisan maupun tulisan. Aspek keterampilan terdiri dari dua kompetensi dasar yaitu (1) menyusun teks hasil observasi melalui lisan maupun tulisan dan (2) menelaah dan merevisi teks hasil observasi melalui lisan maupun tulisan. Media interaktif ini dilengkapi dengan soal-soal latihan pada setiap kompetensi dasar dan soal uji kemahiran yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda untuk mengasah pemahaman siswa terhadap pembelajaran teks hasil observasi. Berdasarkan hasil uji coba produk yang dilakukan oleh ahli materi ahli media praktisi dan siswa menunjukkan bahwa media interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru di sekolah. Media interaktif pembelajaran teks hasil observasi dilihat dari struktur isi mendapat persentase kelayakan sebesar 77 5% dilihat dari struktur bahasa mendapat persentase 80 8% dan dilihat dari struktur tampilan mendapat persentase 84 2%. Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa media interaktif pembelajaran teks hasil observasi ini dapat digunakan dan diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Meskipun tergolong layak dan dapat diimplementasikan data kualitatif berupa komentar dan saran yang terdapat dalam angket tetap dijadikan acuan untuk memperbaiki produk ini. 12288 12288 12288 12288 Media interaktif pembelajaran teks hasil observasi ini dapat digunakan oleh guru sebagai sumber belajar untuk mendampingi penggunaan buku teks di sekolah. Siswa dapat memanfaatkan media interaktif ini secara mandiri untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang teks hasil observasi. Produk media ini diwujudkan dalam bentuk CD (Compact Disk) sehingga siap digunakan sebagai media pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9411 |
Actions (login required)
View Item |