Asesmen pada pembelajaran teks negosiasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang / Firda Rizky Kadidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Asesmen pada pembelajaran teks negosiasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang / Firda Rizky Kadidya

Kadidya, Firda Rizky (2014) Asesmen pada pembelajaran teks negosiasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa kelas X SMA Negeri 3 Jombang / Firda Rizky Kadidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kadidya Firda Rizky. 2014. Asesmen pada Pembelajaran Teks Negosiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Siswa Kelas X SMAN 3 Jombang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata Kunci asesmen teks negosisasi kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Asesmen merupakan suatu proses memberikan atau menentukan nilai yang dilakukan secara berkala berkesinambungan serta menyeluruh yang dilihat dari perkembangan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Asesmen memiliki komponen penting dalam pembelajaran karena dalam beberapa kasus masih banyak guru yang membuat asesmen tidak otentik. Misalnya guru membuat asesmen hanya melihat siapa yang dinilai sehingga penilaian tidak objektif tetapi bersifat subjektif. Oleh karena itu penelitian ini diperuntukkan kepada para guru bahasa Indonesia agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan alat penilaian yang digunakan tidak hanya berdasarkan struktur fisik saja dan melihat sasaran yang akan dinilai. Berdasarkan paparan di atas penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan untuk mengevaluasi penerapan kurikulum 2013 yang akan datang sehingga penerapan kurikulum 2013 dapat berjalan sesuai dengan harapan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Jombang. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP guru dan proses pembelajaran teks negosiasi. Teknik pengumpulan data dengan teknik studi dokumenter wawancara dan observasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan Verification/Clonclusion Drawing(penarikan kesimpulan). Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) penilaian ranah sikap pembelajaran teks negosiasi kurikulum 2013 dibagi menjadi dua keterampilan yaitu reseptif dan produktif. Penilaian keterampilan reseptif dan produktif didasarkan pada kompetensi dasar 1.1 dan 2.4. Kompetensi dasar 1.1 berupa sikap religius. Sikap religius yang dinilai adalah bersyukur dengan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan konteks. Sementara itu sikap sosial yang dinilai adalah pada KD 2.4 yaitu berperilaku jujur disiplin peduli dan santun. Indikator kedua KD tersebut terintegrasi pada KI 3 dan 4. Alat penilaiannya berupa rubrik dengan skala lima tanpa ada deskriptor dan degradasi penskoran. Teknik yang tercantum dalam RPP adalah observasi tetapi saat proses pembelajaran menggunakan teknik penilaian antarpeserta didik. Berdasarkan hasil wawancara guru menggunakan tiga teknik penilaian yaitu jurnal penilaian diri sendiri dan penilaian antarpeserta didik. (2) penilaian ranah pengetahuan dipecah menjadi dua keterampilan yaitu reseptif dan produktif. Penilaian ranah pengetahuan keterampilan reseptif dan produktif didasarkan pada KD yang sama yaitu KD 3.1 dan 3.2. Kompetensi dasar 3.1 menilai tentang pengetahuan struktur kaidah dan perbandingan teks negosiasi dengan teks lain. Kompetensi 3.2 menilai tentang pengetahuan membandingkan teks negosiasi dengan teks lain. Kedua KD tersebut dijabarkan masing-masing menjadi dua indikator. Alat penilaiannya tidak dikembangkan dalam RPP namun pada proses pembelajaran menggunakan soal uraian dan daftar pertanyaan lisan. Teknik yang digunakan dalam RPP adalah tes tulis/lisan begitu pula pada proses pembelajaran. (3) Penilaian ranah keterampilan dibedakan menjadi dua yaitu reseptif dan produktif. Penilaian tersebut didasarkan pada KD 4.1 dan 4.2. Kompetensi dasar 4.1 menilai interpretasi makna teks negosiasi sedangkan KD 4.2 menilai produksi teks negosiasi. Kedua KD tersebut dijabarkan masing-masing menjadi dua indikator. Alat penilaian di dalam RPP tidak dikembangkan sedangkan pada proses pembelajaran menggunakan soal uraian untuk keterampilan reseptif (membaca). Teknik penilaian yang digunakan reseptif (membaca) adalah tes tulis sedangkan yang tercantum dalam RPP adalah portofolio. Teknik penilaian keterampilan produktif (berbicara) menggunakan tes praktik sedangkan pada RPP menggunakan portofolio. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah (1) bagi guru bahasa Indonesia diharapkan menjadikan RPP sebagai pedoman pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam RPP (2) bagi mahasiswa pendidikan diharapkan dapat membuat dan lebih mempertimbangkan dengan tepat dalam membuat RPP agar tidak terjadi kesenjangan antara perencanaan dengan pelaksanaan ketika menjadi seorang guru. dan (3) bagi peneliti lain diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan teks anekdot laporan hasil observasi atau prosedur kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9410

Actions (login required)

View Item View Item