Peningkatan kemampuan mengapresiasi novel melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Emi Dwi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengapresiasi novel melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Emi Dwi Puspitasari

Puspitasari, Emi Dwi (2014) Peningkatan kemampuan mengapresiasi novel melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Emi Dwi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari E.D. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Novel melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Abdus Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci apresiasi sastra novel Jigsaw Pembelajaran apresiasi sastra yang diajarkan pada jenjang SMP salah satunya adalah pembelajaran apresiasi novel. Novel yang digunakan dalam pembelajaran berupa novel yang sesuai dengan tahap psikologis dan usia siswa sehingga dapat membantu dalam pengembangan karakter siswa yaitu novel remaja. Novel remaja yang sesuai dengan tahap psikologis dan usia siswa memudahkan siswa untuk menikmati dan memahami isi novel sehingga siswa dapat menguraikan pendapatnya dengan tepat dan jelas mengenai unsur-unsur yang membangun cerita. Dengan menikmati dan memahami novel siswa dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam novel dan memanfaatkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan adalah Jigsaw. Jigsaw merupakan pembelajaran bersama yang terdiri atas empat tahap yakni (1) para siswa berkerja dalam tim yang heterogen setiap siswa diberi lembar ahli yang terdiri atas topik-topik yang berbeda yang harus menjadi fokus perhatian masing-masing anggota tim (2) setelah masing-masing siswa menyelesaikan tugasnya siswa-siswa dari tim yang berbeda yang mempunyai fokus topik yang sama bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan topik mereka (3) para ahli tersebut kemudian kembali kepada tim mereka dan secara bergantian mengajari teman satu timnya mengenai topik mereka dan (4) para siswa menerima penilaian yang mencakup seluruh topik oleh guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan apresiasi novel melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung dengan subyek siswa kelas VIII-J. Tujuan penelitian ini adalah (1) menderskripsikan proses pembelajaran apresiasi novel siswa dan (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran apresiasi novel siswa melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan proses tindakan kegiatan belajar Jigsaw siswa kelas VIII-J yang meliputi tahap kelompok awal tahap kelompok ahli dan tahap kelompok ahli kembali ke kelompok awal diketahui bahwa proses tindakan siswa sudah baik. Aspek yang dinilai dalam kegiatan belajar tersebut meliputi ketujuh aspek berupa aspek kekompakan kerjasama kepedulian kerja keras kekritisan ketepatan jawaban dan laporan kelompok. Siswa mengalami peningkatan pada ketujuh aspek tersebut yang awalnya sebesar 53% dengan kualifikasi SK (Sangat Kurang) pada siklus I menjadi 88 6% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil tindakan berupa pembelajaran Jigsaw diketahui bahwa seluruh siswa dalam kelompok mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Seluruh siswa yakni 28 siswa (100%) mampu mencapai KKM dengan kualifikasi B (Baik). Dibandingkan hasil tindakan kelompok pada siklus I kemampuan siswa dalam mengapresiasi unsur pembangun novel dan membuat sinopsis mengalami peningkatan. Awalnya pada siklus I hanya 4 siswa (14 3%) mencapai KKM dengan kualifikasi SB dan terdapat 24 siswa (85 7%) tidak mencapai KKM. Dengan demikian hasil tindakan yang awalnya 14 3% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9392

Actions (login required)

View Item View Item