Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun dengan strategi konversi teks deskripsi / Evi Dana Setia Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun dengan strategi konversi teks deskripsi / Evi Dana Setia Ningrum

Ningrum, Evi Dana Setia (2014) Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun dengan strategi konversi teks deskripsi / Evi Dana Setia Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningrum Evi Dana Setia. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas SMP Negeri 1 Talun dengan Strategi Konversi Teks Deskripsi. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis puisi strategi konversi teks deskripsi 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar dalam KTSP yang masih diterapkan sampai saat ini dan diajarkan pada siswa kelas SMP Negeri 1 Talun. Terkait dengan pembelajaran menulis puisi di sekolah tersebut penenliti melakukan studi pendahuluan dengan hasil (1) pembelajaran menulis puisi masih terpusat pada penjelasan guru (2) penggunaan media dalam pembelajaran kurang maksimal karena hanya menggunakan buku paket (3) di atas 50% siswa mengatakan bahwa puisi itu tidak penting (4) siswa sulit memunculkan ide serta kesulitan menemukan diksi yang tepat (5) siswa belum mengetahui unsur-unsur pembangun puisi secara detail. 12288 12288 12288 12288 Masalah yang muncul pada aspek hasil menulis siswa yaitu siswa sulit memunculkan ide serta kesulitan menemukan diksi yang tepat siswa belum mengetahui unsur-unsur pembangun puisi secara detail siswa belum tertarik menulis puisi karena penggunaan media dalam pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu permasalahan tersebut akan diatasi menggunakan strategi konversi teks deskripsi untuk menfokuskan imajinasi siswa saat menulis puisi. Teks deskripsi dipilih karena dalam teks deskripsi memuat penjabaran-penjabaran suatu objek secara jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan apa yang dideskripsikan. Dengan demikan teks deskripsi diharapkan dapat merangsang imajinasi siswa memicu munculnya ide memberikan tambahan kosakata membantu siswa mengembangkan diksi menjadi bait-bait puisi serta membangkitkan keantusiasan dan kreativitas siswa dalam menulis puisi dengan menerapkan unsur-unsur puisi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatakan proses aktivitas menulis puisi siswa kelas SMP Negeri 1 Talun dengan strategi konversi teks deskripsi pada (a) kegiatan awal pembelajaran (b) kegiatan inti pembelajaran dan (c) kegiatan akhir pembelajaran (2) mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas SMP Negeri 1 Talun dengan memanfaatkan strategi konversi teks deskripsi khususnya kemampuan (a) menggunakan diksi (b) menggunakan majas (c) mendeskripsikan imaji (d) menyusun tipografi (e) merumuskan judul dan (f) membentuk amanat. 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan tujuan maka rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat hal pokok yaitu (1) pratindakan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan dan (4) refleksi hasil tindakan. Jenis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data proses dan data hasil. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi mutu proses pembelajaran menulis puisi dengan strategi konversi teks deskripsi dan hasil belajar siswa. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas menulis puisi lembar observasi lembar wawancara dan catatan lapangan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi tugas menulis puisi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konversi teks deskripsi mampu meningkatkan kinerja pembelajaran menulis puisi pada mutu proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan dengan (1) siswa lebih antusias dalam menuangkan ide puisi (2) siswa lebih antusias dalam mengembangkan diksi menjadi puisi (3) siswa lebih perhatian terdapat penjelasan guru (4) siswa lebih aktif bertanya dan menyunting puisi dan (5) siswa lebih kreatif menciptakan unsur-unsur puisi. Peningkatan hasil ditunjukkan pada aspek (1) penggunaan diksi yang sesuai dengan deskriptor (2) penggunaan majas yang sesuai dengan deskriptor (3) deskripsi imaji yang sesuai dengan deskriptor (4) penyusunan tipografi yang sesuai dengan deskriptor (5) perumusan judul yang sesuai dengan deskriptor dan (6) pembentukan amanat yang dapat menyampaikan maksud puisi. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi diikuti pula dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Pada pratindakan skor rata-rata kelas 65 29% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 76 19% pada siklus II meningkat menjadi 86 06%. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan strategi konversi teks deskripsi dalam pembelajaran menulis puisi sangat kreatif dan inovatif karena mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajarn menulis puisi serta menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Teks deskripsi daftar diksi dan penjelasan guru membantu siswa dalam memahami dan mengembangkan isi teks menjadi puisi. Pemberian contoh serta latihan dengan media LCD membuat siswa tertarik dan aktif bertanya pemberian motivasi bimbingan individu secara merata pemberian penguatan menjadi motivasi siswa dalam menulis puisi. 12288 12288 12288 12288 Strategi konversi teks deskripsi mampu meningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran menulis puisi. Oleh karena itu disarankan kepada (1) guru bahasa dan sastra Indonesia untuk dapat menerapkan strategi konversi teks deskripsi dalam pengajaran khususnya pembelajaran menulis puisi dan (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan media teks deskripsi dalam bentuk keterampilan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item