Pertanyaan dalam interaksi kelas BIPA program critical language scholarship Indonesia yahun 2013 / Mega Dwi Cahyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertanyaan dalam interaksi kelas BIPA program critical language scholarship Indonesia yahun 2013 / Mega Dwi Cahyaningsih

Cahyaningsih, Mega Dwi (2014) Pertanyaan dalam interaksi kelas BIPA program critical language scholarship Indonesia yahun 2013 / Mega Dwi Cahyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyaningsih Mega Dwi. 2014. Pertanyaan dalam Interaksi Kelas BIPA Program Critical Language Scholarship Indonesia Tahun 2013. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo H.S M.Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci pertanyaan interaksi kelas BIPA CLS 2013 12288 12288 12288 12288 Pertanyaan sebagai salah satu bagian dari interaksi kelas BIPA memiliki peran sentral dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Penggunaannya baik secara verbal maupun nonverbal di dalam kelas harus dapat dipahami secara tepat. Artinya pertanyaan dalam interaksi tersebut tidak dapat hanya dipahami dari aspek lingual saja tetapi juga memperhatikan aspek pragmatik berdasarkan konteks yang mengikat pertanyaan yang memungkinkan melahirkan aktivitas non linguistik. Hal ini perlu diperhatikan mengingat penggunaan pertanyaan dalam pembelajaran BIPA memiliki keunikan tersendiri yang dipengaruhi oleh aspek sosial budaya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bentuk fungsi dan strategi penyampaian pertanyaan di dalam kelas BIPA tingkat novice untuk memberikan informasi yang representatif tentang pembelajaan BIPA. Data dalam penelitian ini adalah tuturan pengajar dan mahasiswa kelas novice program CLS (Critical Language Scholarship) Indonesia tahun 2013 di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kajian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan ancangan analisis wacana pragmatik yaitu dalam analisis data penelitian peneliti mendasarkan pada konteks atau faktor penentu dalam interaksi yaitu peserta tutur tujuan dan situasi yang melingkupinya 12288 12288 12288 12288 Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pertanyaan yang digunakan dalam kelas BIPA tingkat novice program CLS Indonesia 2013 adalah pertanyaan tertutup (Yes-No Question) dengan penanda intonasi naik di akhir tuturan partikel apa dan partikel ya. Bentuk pertanyaan terbuka (WH Question) yang ditandai oleh penggunaan kata tanya. Penggunaan kedua bentuk pertanyaan tersebut disertai dengan tindak nonverbal berupa mimik dan gestur repetisi kata kunci penggunaan bahasa Inggris simplifikasi bahasa dan modifikasi tuturan. Fungsi pertanyaan yang digunakan adalah fungsi menyapa meminta penjelasan meminta konfirmasi memancing menguji/mengecek pemahaman dan memerintah. Strategi penyampaian pertanyaan yang digunakan adalah strategi langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9390

Actions (login required)

View Item View Item