Syahit, Alfanul Ulum Faizal (2014) Pemetaan kompetensi dasar sastra dalam KTSP 2006 mata pelajaran bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Alfanul Ulum Faizal Syahit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Syahit Alfanul Ulum Faizal. 2013. Pemetaan Kompetensi Dasar Sastra dalam KTSP 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (ii) Mustofa Kamal S.Pd. M.Sn. Kata Kunci pemetaan kompetensi dasar kompetensi dasar sastra sekolah dasar 12288 12288 12288 12288 12288 Kompetensi dasar merupakan acuan guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di sekolah. Pemahaman yang mendalam terhadap seluk beluk kompetensi dasar tersebut merupakan modal utama yang harus dikuasai setiap guru sehingga diperlukan adanya suatu kajian terhadap kompetensi dasar. 12288 12288 12288 12288 12288 Kompetensi dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah secara umum terbagi menjadi dua komponen yaitu aspek bahasa dan aspek sastra. Pada kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA atau yang sederajat kedua komponen tersebut terbagi secara eksplisit. Namun hal itu tidak berlaku di SD. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memetakan kompetensi dasar dalam KTSP 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pemetaan tersebut meliputi (1) bidang cakupan kompetensi dasar sastra (2) sekuensi kompetensi dasar sastra dan (3) kontinuitas kompetensi dasar sastra di sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah dokumen Badan Standar Pendidikan Nasional. Datanya adalah hasil observasi dokumen BSNP Permendiknas RI Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Lampiran 1 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik kajian isi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan ditunjang dengan instrumen bantu berupa daftar pertanyaan identifikasi dan lembar matrikulasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengambilan data terbagi dalam tiga langkah yaitu (1) identifikasi (2) koding dan (3) pengelompokkan. Selanjutnya analisis data terbagi dalam beberapa langkah yaitu (1) menguraikan data (2) menafsirkan data dan (3) membuat kesimpulan. Hasil analisis data tersebut kemudian diverifikasi dengan tiga teknik pengecekan keabsahan data yaitu (1) perpanjangan pengamatan (2) peningkatan ketekunan dan (3) pemerikasaan sejawat. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data ditemukan empat hasil penelitian. Pertama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar ditemukan 51 kompetensi dasar sastra yang terbagi dalam beberapa kelompok. Kedua sekuensi kompetensi dasar sastra di setiap jenjang yang dikaji dengan teori tingkat apresiasi karya sastra menunjukkan berbagai pola yang berbeda pada setiap kelompok kompetensi dasar. Ketiga kontinuitas kompetensi dasar sastra menunjukkan berbagai pola keterkaitan dan pengulangan bertingkat antarkompetensi dasar sastra dalam setiap kelompok kompetensi dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9387 |
Actions (login required)
View Item |