Romadhoni, Novia Ayu (2014) Pengembangan media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash siswa kelas VIII SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan / Novia Ayu Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Romadhoni Novia Ayu. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Analisis Unsur Intrinsik Novel Berbasis Macromedia Flash Siswa SMP Kelas VIII SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd (II) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci macromedia flash pembelajaran unsur intrinsik novel 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran novel di sekolah sulit dipahami siswa. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya media yang diberikan guru. Oleh karena itu perlu adanya media yang dapat membantu guru menyampaikan kepada siswa. Adanya media siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Sejalan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash dan (2) mengetahui kelayakan media dalam pembelajaran analisis unsur intrinsik novel. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sukmadinata. Adaptasi prosedur yang dimaksud yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan produk (3) tahap uji coba dan (4) tahap pascapengembangan. Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan kepada (1) uji ahli materi (2) uji ahli media pembelajaran (3) uji praktisi dan (4) uji lapangan atau uji siswa. Data penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data verbal berupa kritik saran dan komentar dari ahli praktisi dan siswa tentang kelayakan produk dan wawancara tentang kebutuhan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari data numerik berupa skor angket yang diisi oleh ahli praktisi dan siswa yang menggambarkan kelayakan isi dan sajian bahasa tampilan media navigasi tombol dan manfaat media dalam pembelajaran. Data kualitatif dan kuantitatif dijadikan bahan revisi produk. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash. Media tersebut terdiri atas kurang lebih 45 tampilan yang terbagi menjadi lima menu. Jenis huruf yang digunakan adalah georgia dengan ukuran huruf sesuai dengan keterbacaan. Tampilan media menggunakan kombinasi warna biru hijau tua hijau muda dan putih. Adapun kelebihan dari media tersebut yaitu (1) terdapat latihan mandiri (2) bahasa yang digunakan komunikatif (3) terdapat ilustrasi gambar yang menyenangkan dan (4) dapat meningkatkan minat belajar siswa. Akan tetapi selain mempunyai kelebihan media ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak dikembangkan setiap kompetensi dasar tetapi beberapa kompetensi dasar yang serumpun dijadikan satu. Media pembelajaran ini hanya bisa digunakan dalam proses pembelajaran apabila di sekolah dilengkapi fasilitas komputer dan LCD bila media digunakan oleh guru. 12288 12288 12288 12288 Media ini sebagai salah satu alternatif yang dapat mempermudah siswa belajar menganalisis unsur intrinsik novel. Pengembangan media tersebut dapat dijadikan contoh untuk pengembangan media pembelajaran yang lainnya. Selanjutnya produk pengembangan media ini dapat disebarluaskan melalui jurnal pendidikan dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |