Peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2013-2014 dengan media karikatur / Retno Galuh Diyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2013-2014 dengan media karikatur / Retno Galuh Diyanti

Diyanti, Retno Galuh (2014) Peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2013-2014 dengan media karikatur / Retno Galuh Diyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diyanti Retno Galuh. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Media Karikatur. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M. Pd (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis naskah drama media karikatur 12288 12288 Pembelajaran menulis naskah drama sudah diajarkan kepada siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang sesuai dengan KTSP. Terkait dengan pembelajaran menulis naskah drama di sekolah tersebut dilakukan studi pendahuluan atau tahap pratindakan dengan hasil bahwa (1) siswa kurang berminat terhadap pembelajaran karena media yang digunakan kurang menarik (2) kurang konsentrasinya siswa dalam pembelajaran (3) siswa kurang mampu menentukan konflik dan klimaks (4) siswa kurang mampu menyusun dialog. Masalah yang muncul pada aspek hasil menulis siswa adalah pokok persoalan yang diangkat dalam naskah drama mereka yang masih kurang mampu memunculkan konflik dan klimaks pada alur karena media yang kurang kreatif dan kurang menarik tema yang kurang sesuai dengan isi naskah drama serta dialog yang masih umum dengan pilihan kata sederhana. Oleh karena itu permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan media karikatur untuk lebih mengkhususkan pokok persoalan dalam naskah drama siswa. Media karikatur dipilih karena media karikatur dapat mengembangkan imajinasi siswa dalam bentuk tulisan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1 ) mendeskripsikan peningkatkan proses aktivitas menulis naskah drama dengan media karikatur pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang pada (a) kegiatan awal pembelajaran (b) kegiatan inti pembelajaran dan (c) kegiatan akhir pembelajaran (2) mendeskripsikan peningkatkan hasil kemampuan menulis naskah drama dengan memanfaatkan media karikatur pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang khususnya kemampuan (a) menentukan tema (b) menentukan tokoh dan penokohan (c) mendeskripsikan alur (d) mendeskripsikan latar (e) penggunaan dialog (f) penciptaan kramagung (g) penggunaan ejaan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi lima hal pokok yaitu (1) pratindakan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) refleksi hasil tindakan. Data dalam penelitian ini berupa data proses dan data hasil. Data proses berupa perilaku siswa saat proses pembelajaran menulis naskah drama yang dilakukan siswa dan guru di kelas sedangkan data hasil berupa skor kemampuan menulis naskah drama siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan rubrik penilaian proses sedangkan data hasil dilakukan dengan tes yang dinilai menggunakan rubrik penilaian hasil menulis naskah drama. Data proses dan data hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menyeleksi mengoreksi menskor dan menyimpulkan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunujukkan bahwa media karikatur mampu meningkatkan kinerja pembelajaran menulis naskah drama pada proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses tergambar (1) siswa lebih antusias dalam dalam menuangkan ide cerita (2) siswa lebih antusias dan serius dalammengembangkan kerangka naskah drama menjadi naskah drama yang utuh (3) siswa perhatian dalam mendengarkan penjelasan guru (4) siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menulis naskah drama. Peningkatan hasil terlihat pada aspek (1) penentuan tema ditentukan sesuai media karikatur dan memenuhi deskriptor (2) penentuan tokoh dan penokohan sesuai dengan karikatur (3) penggambaran latar digambarkan secara jelas dan kreatif (4) pengembangan alur sudah sesuai dengan karikatur (5) penciptaan dialog sesuai dengan descriptor (6) penciptaan kramagung sudah bervariasi (7) penggunaan ejaan sesuai dengan EYD. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis naskah drama diikuti pula dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam menulis naskah drama. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 55 49 pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71 6 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83 6. Penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis naskah drama sangat efektif dan inovatif. Media karikatur mampu menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan. Gambar karikatur kerangka naskah drama penjelasan guru membantu siswa dalam memahami dan mengembangkan isi karikatur menjadi naskah drama. Pemberian contoh secara langsung dalam setiap tahapan menulis bimbingan individu merata pemberian waktu yang cukup pemberian penguatan secara verbal dan nonverbal yang diberikan guru menjadi motivasi siswa dalam menulis. Media karikatur mampu meningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis naskah drama. Oleh karena itu disarankan kepada (1) guru-guru bahasa Indonesia agar menggunakan media karikatur untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama dan (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan media karikatur dalam bentuk keterampilan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9377

Actions (login required)

View Item View Item