Pembelajaran menulis poster kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen / Fryskatana Wira Stya Mulyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis poster kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen / Fryskatana Wira Stya Mulyaningtyas

Mulyaningtyas, Fryskatana Wira Stya (2014) Pembelajaran menulis poster kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen / Fryskatana Wira Stya Mulyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mulyaningtyas Fryskatana Wira Stya. 2014. Pembelajaran Menulis Poster Kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci pembelajaran menulis menulis poster Pada pembelajaran berbahasa terdapat empat aspek yang harus dikuasai siswa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Menulis poster merupakan salah satu kompetensi dasar bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) penilaian dan (4) kendala pembelajaran menulis poster kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data verbal yang meliputi data (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) penialaian dan (4) kendala pembelajaran menulis poster. Peneliti sebagai instrumen utama pada penelitian ini sedangkan instrumen pendukung yang digunakan adalah pedoman telaah RPP pedoman analisis pelaksanaan pembelajaran pedoman analisis penilaian pembelajaran dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melaui tiga tahap yaitu (1) reduksi data pada tahap ini dokumen RPP deskripsi pelaksanaan pembelajaran deskripsi penilaian pembelajaran dan hasil wawancara dikelompokkan berdasarkan perencanaan pelaksanaan penilaian dan kendala pembelajaran semua data yang terkumpul diseleksi diidentifikasi dan dicatat satu per satu di lembar catatan data (2) sajian data data disajikan dalam bentuk deskripsi per unit data yang disajikan kemudian diklasifikasikan berdasarkan rumusan masalah dan (3) penarikan simpulan tahap penyimpulan data dalam bentuk pernyataan kalimat secara singkat dan padat. Data penelitian ini diperiksa dengan teknik triangulasi sumber yang dilakukan dengan membandingkan hasil observasi dengan hasil wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) penilaian serta (4) kendala pembelajaran menulis poster. Pertama perencaaan pembelajaran menulis poster kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen memuat (a) identitas RPP standar kompetensi kompetensi dasar (b) indikator dan tujuan pembelajaran (c) materi pembelajaran (d) metode pembelajaran (e) kegiatan pembelajaran (f) sumber belajar dan (g) perencanaan penilaian. Beberapa hal masih kurang dalam perencanaan pembelajaran yang dibuat guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Kepanjen yaitu (1) indikator kurang rinci (2) media pembelajaran tidak dicantumkan (3) tidak terdapat penjelasan mengenai metode pembelajaran yang digunakan dan (4) alokasi waktu pada kegiatan pembelajaran inti dan penutup tidak dicantumkan. Kedua pelaksanaan pembelajaran menulis poster di kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen terdiri atas kegiatan awal meliputi (1) apersepsi dan (2) pembentukan kelompok. Pada kegiatan awal guru langsung bertanya jawab kepada siswa mengenai materi yang akan disampaikan. Guru juga mengaitkan penguasaan kompetensi dalam kehidupan siswa namun tidak ada pemberian motivasi kepada siswa. Pada kegiatan inti meliputi (1) eksplorasi (2) amati (3) tanyakan (4) komunikasikan dan (5) ekspresikan. Pada pelaksanaan inti tidak terlihat proses penampilan unjuk kerja hasil menulis poster. Penilaian hasil hanya dilakukan guru tidak ada campur tangan siswa. Pada pelaksanaan penutup guru memberikan refleksi pembelajaran pada siswa dan melakukan penyimpulan terhadap kegiatan pembelajaran secara keseluruhan namun pada kegiatan penutup pertemuan kedua guru tidak melakukan penyimpulan terhadap kegiatan pembelajaran secara keseluruhan disebabkan oleh guru kurang mengelola waktu. Ketiga penilaian yang dilakukan oleh guru SMP Negeri 4 Kepanjen yaitu penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran menulis poster. Keempat kendala pembelajaran menulis poster. Tidak terdapat kendala yang dialami guru pada pembelajaran menulis poster namun siswa mengalami kesulitan dalam mengilustrasikan slogan ke dalam sebuah poster karena kurangnya contoh-contoh poster yang diberikan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik simpulan sebagai berikut. Dalam perencanaan pembelajaran sebaiknya guru memaparkan materi secara rinci dan lengkap kurang penjelasan mengenai metode yang digunakan media pembelajaran seharusnya dicantumkan sumber belajar yang dipilih dan dicari harus lebih menarik alokasi waktu harus dicantumkan. Dalam pelaksanaan sebaiknya guru memilih media pembelajaran dan metode pembelajaran yang lebih menarik menggunakan alokasi waktu sebaik mungkin. Dalam penilaian sebaiknya guru mengikutsertakan peran siswa untuk menilai hasil menulis poster sebagai refleksi diri dengan bantuan guru. Kendala pembelajaran menulis poster di SMP Negeri 4 Kepanjen tidak banyak hanya saja guru kurang memilih media pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif serta mengelola alokasi waktu sebijak mungkin. Peneliti lain disarankan untuk meneliti pembelajaran menulis poster untuk berbagai keperluan di sekolah lain sebagai perbaikan komponen perencanaan pelaksanaan penilaian dan kendala. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan bahan ajar maupun media untuk peningkatan hasil menulis poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item