Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX / Johan Slamet Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX / Johan Slamet Raharjo

Raharjo, Johan Slamet (2014) Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX / Johan Slamet Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Raharjo J. S. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Cerita Wayang Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP Kelas IX. Laporan Penelitian Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunoto M. Pd. (2) Karkono S. S. M. A. Kata kunci pengembangan media multimedia interaktif mengapresiasi cerita wayang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX. Tujuan umum tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa tujuan khusus yaitu mengembangkan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang untuk siswa SMP kelas IX dengan memerhatikan (1) sistematika penyajian materi pada produk yang dihasilkan (2) penggunaan bahasa pada produk yang dihasilkan dan (3) bentuk tampilan pada produk yang dihasilkan. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Adapun model pengembangan bahan ajar yang digunakan yaitu model pengembangan R D. Model desain penelitian dan pengembangan R D dirumuskan sebagai berikut (1) adanya potensi dan masalah (2) mengumpulkan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba produk (7) revisi produk ujicoba pemakaian (9) revisi produk (10) pembuatan produk masal. Berdasarkan model desain model R D yang telah disebutkan peneliti kemudian memperjelas setiap tahapan dengan membuat rundown alur pengembangan media. Validasi bahan ajar dilakukan terhadap empat kelompok validator yaitu kelompok ahli media ahli materi praktisi dan siswa. Dari uji coba terhadap ketiga kelompok validator tersebut diperoleh rata-rata persentase 86 7% (layak untuk diimplementasikan). Selanjutnya produk akan dipaparkan di bawah ini sesuai dengan tujuan khusus penelitian. Pertama sistematika penyajian materi pada produk yang dihasilkan. Materi isi pada media yang dikembangkan ini telah disesuaikan dengan SK KD dan tujuan pembelajaran Bahasa Jawa pada kurikulum KTSP. Kedua penggunaan bahasa pada produk yang dihasilkan. Pada media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang ini ada dua pilihan bahasa yaitu Jawa dan Indonesia formal yang komunikatif dan logis sehingga ketika digunakan pengguna akan lebih mudah memahami dan menangkap setiap instruksi pada media. Penggunaan bahasa Indonesia dalam media ini bertujuan agar dapat pula digunakan oleh mereka yang ingin belajar bahasa dan budaya Jawa tetapi belum menguasai Bahasa Jawa. Ketiga bentuk tampilan pada produk yang dihasilkan. Wujud media yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa perangkat lunak media interaktif mengapresiasi cerita wayang dengan format powerpiontshow. Tombol menu pada media pembelajaran mengapresiasi mengapreasi cerita wayang ini tata letak tombol menu diubah dan dilengkapi dengan nama icon agar memudahkan pengguna media.dilengkakpi dengan opening yang menarik Dalam pemanfaatannya media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai media mandiri dan juga dengan bimbingan guru. Guru disarankan untuk menggunakan produk media pembelajaran hasil pengembangan ini salah satu alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Pengembangan media pada mata pelajaran Bahasa Daerah ini diharapkan dapat menambah sarana pembelajaran. Dengan bertambahnya media pembelajaran ini pembelajaran Bahasa Jawa akan lebih diminati oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item