Pengembangan perangkat soal latihan ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash / Tazqiyatul Fithriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat soal latihan ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash / Tazqiyatul Fithriya

Fithriya, Tazqiyatul (2014) Pengembangan perangkat soal latihan ujian nasional bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash / Tazqiyatul Fithriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fithriya Tazqiyatul. 2014. Pengembangan Perangkat Soal Latihan Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tingkat SMP Berbasis Adobe Flash. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dra. Ida Lestari M.Si. Kata kunci perangkat soal adobe flash ujian nasional 12288 12288 12288 12288 Kemajuan teknologi merupakan suatu perkembangan yang memberikan perubahan kehidupan masyarakat secara luas. Kemajuan tersebut menjadi pemicu upaya perubahan sistem pembelajaran. Salah satunya adalah kehadiran teknologi multimedia yang dapat meningkatkan pembelajaran menjadi menarik interaktif dan mampu mengembangkan kecakapan individu secara optimal. Media pembelajaran yang menarik harus memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperti teks video animasi gambar grafik dan suara menjadi satu kesatuan yang terintegrasi (Munadi 2008 150). Adobe flash merupakan salah satu media pembelajaran gabungan dari teks video animasi gambar grafik dan suara. Tidak hanya media pembelajaran saja yang dibutuhkan melainkan untuk melihat tingkat pencapaian tujuan pendidikan nasional juga diperlukan suatu bentuk evaluasi. Karena evaluasi menempati kedudukan yang penting dan merupakan bagian utuh dari proses dan tahapan kegiatan pembelajaran. Selain itu evaluasi seharusnya juga dapat menjawab apakah hasil-hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan (Aunurrahman 2009 211). 12288 12288 12288 12288 Ujian Nasional merupakan salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan oleh pemerintah sebab UN berfungsi sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara nasional pendorong peningkatan mutu pendidikan secara nasional bahan dalam menentukan kelulusan peserta didik dan sebagai bahan pertimbangan dalam seleksi penerimaan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. UN dilakukan secara objektif berkeadilan dan akuntabel serta diadakan sekurang-kurangnya satu kali dan sebanyak-banyaknya dua kali dalam satu tahun pelajaran (Mulyasa 2009 258). Oleh karena itu siswa dituntut belajar dengan sungguh-sungguh dengan cara memperbanyak mengerjakan latihan soal-soal UN dengan berbagai variasi agar ketika UN mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Berdasarkan permasalahan tersebut pengembang memiliki ide untuk mengembangkan perangkat soal latihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat soal latihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash yang dilengkapi dengan tips menghadapi UN kisi-kisi UN kunci jawaban yang dilengkapi dengan pembahasan nilai otomatis dari jawaban siswa serta pengontrol waktu. Latihan soal-soal UN yang disajikan sesuai dengan kisi-kisi validitas isi dan validitas konstruk dan dilengkapi dengan hiburan seperti musik dan game. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini model pengembangan produknya mengacu pada model pengembangan Sadiman (2003 98) yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan intruksional (3) pengembangan materi pembelajaran (4) mengembangkan alat evaluasi media (5) penyusunan naskah media (6) produksi media (7) uji coba media (8) revisi media. 12288 12288 12288 12288 Media yang dihasilkan berupa perangkat soal latihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash. Media tersebut secara garis besar terdiri dari dua bagian yaitu menu utama dan menu materi. Menu utama terdiri dari menu petunjuk masuk dan keluar. Sedangkan menu materi tediri dari menu tips menghadapi UN kisi-kisi UN latihan soal-soal UN penilaian pembahasan game dan biografi pengarang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh pengembang kepada ahli materi materi pada tips menghadapi UN yang meliputi kesesuaian kelengkapan keruntutan dan kejelasan rata-rata mendapat nilai 93. Materi pada kisi-kisi yang meliputi kesesuaian kelengkapan keruntutan dan kejelasan rata-rata mendapat nilai 100. Materi pada soal latihan UN yang meliputi validitas isi validitas konstruk kebenaran soal kejelasan soal keruntutan soal terdiri dari satu jawaban yang benar dan tiga jawaban pengecoh rata-rata mendapat nilai 89 3. Materi pada pembahasan yang meliputi kebenaran kelengkapan kejelasan dan keruntutan rata-rata mendaat nilai 93 8. Materi pada game yang meliputi kecepatan berpikir kecerdikan dan ketangkasan rata-rata mendapat nilai 83 3. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh pengembang kepada ahli media meliputi kejelasan materi yang terdiri dari sistematika dan penyajian rata-rata mendapat nilai 100. Keterbacaan teks yang meliputi jenis warna dan ukuran huruf rata-rata mendapat nilai 75. Visualisasi yang meliputi layout animasi tampilan efek dan komposisi warna rata-rata mendapat nilai 62 5. Kemudahan pengoprasian yang meliputi interaktifitas dan kemudahan tombol rata-rata mendapat nilai 87 5. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan oleh pengembang kepada praktisi (guru) meliputi tampilan media yang terdiri dari komposisi warna kejelasan huruf keterbacaan teks pemilihan musik dan kemudahan pengoprasian rata-rata mendapat nilai 90. Materi yang meliputi kesesuaian soal-soal kebenaran soal-soal kebenaran kunci jawaban dan kemudahan pembahasan soal rata-rata mendapat nilai 93 8. Bahasa yang meliputi kejelasan bahasa kesesuaian bahasa dan keefektifan bahasa rata-rata mendapat nilai 100. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan oleh pengembang kepada siswa meliputi kemenarikan modul digital kemudahan soal-soal kemudahan pembahasan kemudahan penggunaan komposisi warna pemilihan musik menimbulkan semangat belajar mengetahui kemampuan belajar mengukur kecepatan belajar dan penerapan modul digital dalam pembelajaran sehari-hari rata-rata mendapat nilai 79 4. Dari hasil validasi dan uji coba yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa perangkat soal latihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash layak untuk digunakan. 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan pengembang menyarankan agar guru dapat menggunakan media ini sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Sedangkan bagi pengembang selanjutnya hendaknya mempertimbangkan evaluasi yang telah dilakukan dalam pengembangan ini sebagai referensi agar dapat membuat media yang lebih baik dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item