Analisis soal latihan dalam buku teks "Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik" kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 / Fretty Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal latihan dalam buku teks "Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik" kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 / Fretty Fajarwati

Fajarwati, Fretty (2014) Analisis soal latihan dalam buku teks "Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik" kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 / Fretty Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fajarwati F. 2014. Analisis Soal Latihan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo HS. M.Pd (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata Kunci analisis soal latihan buku teks 12288 12288 12288 12288 Soal latihan adalah soal yang digunakan untuk melatihkan kompetensi berbahasa dan bersastra kepada siswa berdasarkan KI KD dan Indikator. Dalam hal ini soal latihan yang dimaksud adalah soal-soal yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 yang berada di bawah sub judul tugas . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Soal latihan yang diteliti mencakup 3 hal yaitu (1) bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4 (2) tingkat kesulitan soal latihan dan (3) konteks soal latihan. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa dokumen/teks yaitu soal-soal latihan yang berada di bawah sub judul tugas . Sumber data penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tabel pengumpul dan pengolah data yang dikelompokkan berdasarkan bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4 tingkat kesulitan soal latihan dan konteks soal latihan. Kegiatan analisis data dimulai dengan penyeleksian data pengklasifikasian data penganalisisan dan pencocokan data penginterpretasian data serta penyimpulan data hasil analisis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama terkait bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4. Bentuk soal latihan yang terdapat dalam buku teks yang diteliti ada 2 jenis yaitu (1) bentuk soal subjektif dan (2) bentuk soal objektif. Soal latihan subjektif berupa uraian yang terdiri dari (1) uraian terbatas (restricted response) dan (2) uraian bebas (extended response). Sementara itu soal latihan objektif yang ditemukan hanya ada 2 jenis yaitu (1) pilihan ganda (multiple choice) dan (2) tes benar-salah (true-false) sedangkan soal objektif yang berupa tes menjodohkan (matching) tidak ditemukan. Selain bentuk soal objektif dan subjektif juga ditemukan bentuk soal performansi dan portofolio. 12288 12288 12288 12288 Soal-soal latihan dalam BTBI merupakan penerapan dari KI 3 (membaca) dan KI 4 (menulis) berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam KI 3 dan 4 terdapat beberapa KD dan Indikator yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam buku teks terdapat soal untuk melatih kemampuan bersastra. Kemampuan bersastra ini tidak tertulis dalam KD ataupun Indikator pada Kurikulum 2013 tetapi ditemukan pada soal latihan. 12288 12288 12288 12288 Kedua terkait tingkat soal latihan. Keenam ranah kognitif taksonomi Bloom yang meliputi 6 tingkatan yaitu (1) mengingat/C1 (2) memahami/C2 (3) menerapkan/C3 (4) menganalisis/C4 (5) mengevaluasi/C5 serta (6) membuat/C6 ditemukan pada soal-soal latihan dalam buku teks yang diteliti. Ketiga terkait konteks soal latihan. Dalam buku teks yang diteliti konteks soal latihan yang ditemukan beragam. Konteks soal latihan yang ditemukan meliputi (1) soal eksplorasi untuk mengarahkan dan menggali pengetahuan dan pengalaman siswa sebelum membaca teks (2) soal pemahaman tentang isi bacaan yang telah dibaca dan materi pembelajaran dan (3) soal yang menuntun siswa untuk memproduksi teks secara mandiri atau pun kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

View Item View Item