Erfanta, Yeyen Faturoqim (2014) Kemampuan menulis aksara Jawa menggunakan multimedia siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pare / Yeyen Faturoqim Erfanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Erfanta Yeyen Faturoqim. 2013. Kemampuan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Multimedia Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunoto M.Pd. (2) Karkono S.S. M.A. Kata kunci menulis multimedia aksara Jawa. 12288 12288 12288 Kompetensi dasar menulis aksara Jawa telah diajarkan di SMP Negeri 2 Pare. Pembelajaran tersebut untuk mengembangkan keterampilan siswa menulis aksara Jawa. Menulis aksara Jawa harus mengikuti sistematika yang telah ada. Pembelajaran menulis aksara Jawa dapat dilaksanakan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan multimedia. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Untuk itu peneliti mengkaji kemampuan menulis aksara Jawa dengan menggunakan multimedia pada siswa SMP Negeri 2 Pare dalam hal penulisan carakan sandhangan pasangan angka Jawa aksara murda dan aksara rekan. Dengan demikian penelitian ini berjudul Kemampuan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Multimedia Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Tujuan yang diharapkan lewat penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa menulis aksara Jawa dengan menggunakan multimedia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa hasil kerja siswa dalam menulis teks aksara Jawa dengan multimedia yang dianalisis dengan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama siswa mampu menulis aksara Jawa carakan atau legena dengan menggunakan multimedia. Hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai yaitu 96 2% atau 25 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Kedua siswa mampu menulis aksara Jawa sandhangan dan pasangan dengan menggunakan multimedia. Hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai yaitu 92 3% atau 24 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Ketiga siswa mampu menulis angka Jawa dengan menggunakan multimedia. Hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai yaitu 100% atau 26 siswa dapat menulis angka Jawa dengan benar. Keempat siswa mampu menulis aksara murda dengan menggunakan multimedia. Hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai yaitu 77% atau 20 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Kelima siswa mampu menulis aksara rekan dengan menggunakan multimedia. Hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai yaitu 57% atau 15 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 2 Pare mampu menulis aksara Jawa carakan atau legena aksara sandhangan dan pasangan angka Jawa aksara murda maupun aksara rekan dengan menggunakan multimedia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9359 |
Actions (login required)
View Item |