Rancang bangun pemutus aliran listrik KWH meter pascabayar satu phase melalui simulator smartphone android / Zulkifli Abdul Qowi

Qowi, Zulkifli Abdul (2019) Rancang bangun pemutus aliran listrik KWH meter pascabayar satu phase melalui simulator smartphone android / Zulkifli Abdul Qowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qowi, Zulkifli Abdul.2019. Rancang Bangun Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Satu Phase Melalui Smartphone Android. Skripsi, JurusanFisika, Fakultas Matematik adan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Samsul Hidayat, S.Si, M.T, (II) Nugroho Adi Pramono,S.Si, M.Sc. Kata Kunci: Aliran listrik, KWH meter, Smartphone android. KWH meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur energi listrik yang biasa digunakan di tempat industri,perumahan serta berbagai tempat yang memerlukan listrik sebagai sumber utama untuk menyalakan lampu, kulkas, kipas angin dan peralatan elektrik lainnya. Salah satu jenis KWH meter yaitu KWH meter Pascabayar. Kelemahan dari KWH meter tersebut memungkinkan adanya tunggakan pembayaran oleh pelanggan. akibatnya PLN mengalami kerugian. Oleh karena itu penelitian alat ini untuk memutus aliran listrik menggunakan fungsi relay yang dapat dikontrol secara otomatis menggunakan mikrokontroller, serta dapat di kendalikan secara wireless dengan smartphone. Dengan kata lain, Petugas tidak perlu repot membawa obeng, segel dan surat perintah pemutusan, cukup dengan smartphone dan surat perintah petugas bisa melaksanakan tugas dengan baik serta menghemat waktu dan tenaga. Hasil dari penlitian ini yaitu sebuah alat yang dapat memutus aliran listrik KWH meter satu phase dengan menggunakan aplikasi smartphone android yang dibuat menggunakan MIT App Inventor. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa jarak jangkau koneksi antar bluetooth dengan tidak adanya halangan, adanya halangan seperti tembok dan beton sebagai berikut : Jarak jangkauan maksimal berada pada 57 meter dengan transfer data antar bluetooth mengalami keterlamabatan sepersekian detik. Serta dapat mengetahui adanya pengaruh penghalang terhadap jarak jangkau koneksi bluetooth smartphone android dengan bluetooh HC-05. Pada saat penghalang berupa tembok, maka jarak jangkau maksimal koneksi antar bluetooth yaitu pada 22 meter dengan adanya keterlambatan pada pengiriman data antar bluetooth. Begitu pula dengan penghalang berupa tembok beton. jarak jangkauan maksimal mengalami penurunan daripada tembok yaitu 14 meter dengan adanya keterlambatan pengiriman data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93535

Actions (login required)

View Item View Item