Sistem pengukur suhu, kelembaban dan intensitas cahaya untuk monitoring lingkungan tanaman di greenhouse; Balitjestro Batu / Tomy Andre Ansyah

Ansyah, Tomy Andre (2020) Sistem pengukur suhu, kelembaban dan intensitas cahaya untuk monitoring lingkungan tanaman di greenhouse; Balitjestro Batu / Tomy Andre Ansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ansyah, Tomy Andre. 2019. Sistem Pengukur Suhu, Kelembaban dan Intensitas Cahaya untuk Monitoring Lingkungan Tanaman di Greenhouse; Balitjestro Batu. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Heriyanto, S.Pd, M.Si., (2) Buyung Al Fanshuri, S.P., M.Sc.. Kata Kunci: Data Logger, Suhu, Kelembaban, Intensitas Cahaya Suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya adalah faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh besar pada proses pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian ini guna membuat alat yang praktis supaya mempermudah peneliti dalam mencari data suhu, kelembaban dan intensitas cahaya pada suatu tananam. Nilai hasil pengukuran dapat diketahui langsung dari layar LCD dan data real time setiap sekitar 10 menit yang tersimpan pada file Logger.txt pada SD card. Hasil pengukuran dari alat diketahui adanya fluktuasi suhu yang tinggi antara siang dan malam yang mencapai 11.30oC dengan rata rata 22.12oC. Untuk kelembaban udara di greenhouse relatif konstan dengan nilai rata rata 99.90 %. Sedangkan intensitas cahaya diperoleh data dengan rata rata nilai sebesar 332.18 Cd.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93530

Actions (login required)

View Item View Item