Pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas penggunaan bahasa pada karangan siswa kelas VII SMPN 4 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Endang Resmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas penggunaan bahasa pada karangan siswa kelas VII SMPN 4 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Endang Resmiati

Resmiati, Endang (2014) Pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas penggunaan bahasa pada karangan siswa kelas VII SMPN 4 Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Endang Resmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Resmiati Endang. 2014. Pengaruh Penyediaan Bentuk Salah-Benar terhadap Kualitas Penggunaan Bahasa pada Karangan Siswa Kelas VII SMPN 4 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci bentuk salah-benar pembelajaran menulis. 12288 12288 12288 12288 Mengarang adalah keterampilan menulis untuk menuangkan ide dan pikiran dalam sebuah tulisan. Karangan terbagi menjadi beberapa jenis salah satunya adalah jenis deskriptif. Karangan deskriptif atau karangan pemerian merupakan karangan yang menjelaskan suatu hal pada pembaca yang menyebabkan pembaca seakan-akan melihat mengalami dan merasakan apa yang ditulis oleh penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menulis menggunakan penyediaan bentuk salah-benar. Penyediaan bentuk salah-benar adalah pembelajaran yang turun dari pembelajaran kontekstual. Dalam pembelajaran bentuk salah-benar guru berperan memberikan contoh yang salah dan yang benar tentang kebahasaan dari kehidupan sehari-hari. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Data penelitian ini berupa teks deskriptif yang ditulis siswa dari proses pretest dan postest. Postest atau tes akhir dilakukan setelah siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran bentuk salah-benar. Jadi hasil akhir karangan siswa sudah mendapat pengaruh dari pembelajaran yang diajarkan. Pengaruh yang dibedakan dalam penelitian ini adalah pengaruh yang timbul dari dua perlakuan yang berbeda antara pengaruh pembelajaran dengan metode ceramah dan pengaruh penyediaan bentuk salah-benar. Instrumen penelitian berupa tes menulis teks deskripsi dan pedoman penilaian menulis teks deskripsi. Pengaruh pembelajaran dilihat dari penilaian yang dilakukan dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang diteliti. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek kebahasaan yang terdiri atas aspek penataan paragraf pada karangan ketepatan pemilihan kalimat ketepatan pemilihan kata atau diksi dan ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrument penelitian berupa tes yang berisi petunjuk dan perintah menulis teks deskriptif tentang kebudayaan Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2013/2014 mampu menulis karangan dengan memperhatikan kualitas penggunaan bahasa lebih baik dengan adanya pengaruh penyediaan bentuk salah-benar. Ada empat hasil belajar yang diperoleh. Pertama adanya pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas penataan paragraf ditunjukkan dari nilai kemampuan awal rata-rata 7 8966 menjadi 8 0690 setelah mendapatkan perlakuan. Kedua adanya pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas pemilihan kalimat ditunjukkan dari nilai kemampuan awal rata-rata 7 0345 menjadi 8 2415 setelah mendapatkan perlakuan. Ketiga adanya pengaruh penyediaan bentuk salah-benar terhadap kualitas pemilihan kata ditunjukkan dari nilai kemampuan awal rata-rata 6 2069 menjadi 8 6707 setelah mendapatkan perlakuan. Keempat adanya pengaruh penyediaan bentuk terhadap kualitas penggunaan ejaan dan tanda baca ditunjukkan dari nilai kemampuan awal rata-rata 6 8276 menjadi 8 3103 setelah mendapatkan perlakuan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan dua saran. Pertama bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya memanfaatkan penyediaan bentuk salah-benar sebagai masukan untuk menambah pengetahuan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan. Kedua bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian tentang kemampuan mengarang siswa disarankan untuk mencoba mengembangkan strategi pembelajaran yang lain agar siswa memiliki pengetahuan yang luas dan lebih baik. Selain itu peneliti lain dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda fokus yang berbeda serta instrumen penelitian yang berbeda baik dari segi kebahasaan maupun nonkebahasaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item