Pengaruh volume dan konsentrasi larutan polimer konduktif terhadap konduktivitas listrik klorofil daun angsana (Pterocarpus indicus Willd) / Khasanah Sripalupi

Sripalupi, Khasanah (2020) Pengaruh volume dan konsentrasi larutan polimer konduktif terhadap konduktivitas listrik klorofil daun angsana (Pterocarpus indicus Willd) / Khasanah Sripalupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sripalupi, Khasanah. 2017. Pengaruh Volume dan Konsentrasi Larutan Polimer Konduktifterhadap Konduktivitas Listrik Klorofil Daun Angsana. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Markus Diantoro, M.Si., (II) Dra. Hartatiek, M.Si. Kata Kunci : polimer, konduktivitas listrik, klorofil, modul probe, konduktivitas cairan Konduktivitas dan resistivitas adalah sifat fisika yang penting dari suatu material. Hal itu berkaitan dengan pemanfaatan material tersebut. Menurut berbagai penelitian, material konduktif dapat memiliki konduktivitas lebih tinggi dalam fase cair. Nilai konduktivitas larutan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konsentrasi, pH, dan volum larutan. konduktivitas cairan dapat diukur dalam bentuk film tipis. Namun, pengukuran konduktivitas listrik dalam bentuk film tipis kerap tidak menghasilkan data yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan yang terukur bukan konduktivitas sampelnya namun sumbangan konduktivitas substratnya. Selain itu, sulit didapatkan film tipis yang memiliki distribusi ketebalan merata yang dapat mempengaruhi besarnya konduktivitas material. Salah satu solusi untuk menangani masalah tersebut adalah mengukur secara langsung dengan instrumen pengukuran konduktivitas cairan. Namun, cara ini membutuhkan sampel dalam jumlah banyak. Penelitian ini menggunakan metode dua dan empat probe untuk mengukur konduktivitas cairan dalam fase cair dengan langkah-langkah sebagai berikut, membuat desain alat, membuat alat, melakukan validasi, ekstraksi klorofil, uji klorofil, dan mengukur klorofil yang telah diekstraksi dari daun pohon angsana menggunakan modul probe. Hasil penelitian ini adalah alat pengukuran konduktivitas cairan terkhusus klorofil sebagai polimer konduktif alam yang memiliki konduktivitas kecil. Hasil validasi menunjukkan bahwa pengukuran modul probe dengan Eutech Instruments terdapat selisi hasil, sehingga perlu adanya faktor pengoreksi hasil ukur modul probe. Modul dua probe dapat digunakan untuk mengukur semua sampel larutan baik elektrolit maupun non elektrolit, sedangkan modul empat probe hanya dapat digunakan untuk mengukur larutan elektrolit.Variabel bebas dari penelitian ini adalah volume dan konsentrasi larutan. Volume dan konsentrasi mempengaruhi besarnya nilai konduktivitaslarutan klorofil. Semakin tinggi konsentrasi dan volume larutan, maka konduktivias klorofil juga akan semakin meningkat. Konduktivitas klorofil yang terukur berada dalam rentang 10-6 – 10-5S/m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93529

Actions (login required)

View Item View Item