Sistem pengukur suhu tanpa sentuh menggunakan sensor non-kontak TS-118 / Elma Yusmining Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pengukur suhu tanpa sentuh menggunakan sensor non-kontak TS-118 / Elma Yusmining Utami

Utami, Elma Yusmining (2019) Sistem pengukur suhu tanpa sentuh menggunakan sensor non-kontak TS-118 / Elma Yusmining Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusmining Elma. 2019. Sistem Pengukur Suhu Tanpa Sentuh Menggunakan Sensor Non-Kontak TS-118. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Samsul Hidayat S.Si M.T (II) Dr. Hari Wisodo S.Pd M.Si Kata Kunci Sensor Suhu Pengukuran Thermopile Microcontroller ATmega328. Pengukuran suhu sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi panas atau dingin suatu benda baik dalam penelitian maupun pengamatan. Salah satu alat pengukur suhu ialah termokopel. Termokopel memiliki respon waktu sepersekian detik dan memiliki suhu akurasi kurang dari 1oC. Sensor inframerah yang memiliki sejumlah termokopel disebut dengan thermopile. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengukur suhu secara tak sentuh dengan memanfaatkan sensor thermopile TS-118. Seluruh komponen penyusun sensor telah diuji dan diintegrasi dalam satu rangkaian sederhana bersama dengan Microcontroller Arduino Uno ATMEGA328P sebagai pengolah data. Hasil pengukuran ditampilkan pada komputer melalui komunikasi serial. Berdasarkan pengukuran dan analisis data hasil yang diperoleh pada uji akurasi suhu yang terdeteksi pada thermopile dan termometer kontak menunjukkan bahwa semakin besar nilai suhu lingkungan maka semakin besar pula suhu yang terukur oleh thermopile TS-118. Semakin besar jarak objek dengan sensor maka semakin kecil suhu yang terdeteksi oleh thermopile TS-118. Semakin kecil posisi sudut objek terhadap garis normal bidang deteksi sensor maka semakin besar sensitivitas thermopile TS-118. Sensor tidak dapat menerima radiasi termal dari objek yang berada di luar bidang pandangnya ( 952 120 ). Kesimpulan secara keseluruhan dapat dibuktikan bahwa Sistem Pengukur Suhu Tanpa Sentuh Menggunakan Sensor Non-Kontak TS-118 dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93526

Actions (login required)

View Item View Item