Pengaruh konsentrasi madu dan klorofil terhadap absorbansi yang dipengaruhi medan listrik menggunakan laser dioda / Ismiatun Hasanah

Hasanah, Ismiatun (2019) Pengaruh konsentrasi madu dan klorofil terhadap absorbansi yang dipengaruhi medan listrik menggunakan laser dioda / Ismiatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah, Ismiatun. 2019. Pengaruh Konsentrasi Madu dan Klorofil terhadap Absorbansi yang dipengaruhi Medan Listrik menggunakan Laser Dioda. Skripsi, Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si, (2) Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: absorbansi, medan listrik, klorofil, madu. Energi radiasi terdiri dari sejumlah gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Bagian-bagian dari radiasi elektromagnetik dapat dipisahkan menjadi spektrum elektromagnetik. Penyerapan energi radiasi dalam analisis kuantitatif bergantung pada hubungan antara jumlah zat penyerap dan sejauh mana energi radiasi diserap. Serapan sinar dapat diartikan sebagai interaksi fisika antara foton dengan molekul-molekul zat yang digunakan. Pada penelitian ini, penyerapan larutan klorofil dan larutan madu terhadap energi radiasi bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang berbeda sebagai sumber cahaya yaitu salah satunya menggunakan laser dioda dengan memvariasi konsentrasi pada kedua larutan tersebut sebagai sampel serta pengaruh medan listrik yang diberikan dari tegangan DC (0-20) volt, sehingga nilai intensitas yang datang akan berbeda dengan intensitas hasil transmitansi. Berdasarkan hasil penelitian ini telah diketahui pada larutan klorofil Jika konsentrasi bertambah, jumlah molekul yang dilalui berkas sinar akan bertambah sehingga dapat menyebabkan absorbansi (serapan) juga akan bertambah sesuai dengan hukum lambert beer. Perubahan absorbansi pada klorofil hanya disebabkan oleh variasi konsentrasi sedangkan untuk perlakuan medan listrik yang diberikan tidak berpengaruh karena bukan sifat optik aktif. Panjang gelombang pada kedua laser yang digunakan sebagai sumber cahaya terhadap klorofil terdapat perubahan nilai absorbansinya yang disebabkan perbedaan panjang gelombang dari kedua laser. Sedangkan untuk larutan madu semakin besar konsentrasi madu semakin besar pula nilai absorbansi larutan yang disebabkan akibat dari polarisasi serta pengaruh medan listrik yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93520

Actions (login required)

View Item View Item