Rekayasa pendidikan berpikir melalui pendekatan ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII / Reza Khikmatul Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Rekayasa pendidikan berpikir melalui pendekatan ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII / Reza Khikmatul Fauziah

Fauziah, Reza Khikmatul (2014) Rekayasa pendidikan berpikir melalui pendekatan ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII / Reza Khikmatul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziah Reza Khikmatul. 2014. Rekayasa Pendidikan Berpikir melalui Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Dra. Ida Lestari M. Si. Kata kunci pendidikan berpikir pendekatan ilmiah langkah pembelajaran instrumen asesmen. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran saat ini menuntut siswa untuk mengganti pola-pola pikir yang bersifat menerima dan menghafal suatu konsep ke pola pikir yang bersifat mengembangkan konsep baru. Tidak semua kualitas siswa dapat diukur berdasarkan hafalan tertentu tetapi juga dapat diukur dari proses siswa tersebut selama belajar bagaimana ia membentuk pengetahuannya melalui pemikirannya. Belajar sesungguhnya berhubungan dengan kemampuan berpikir seseorang. Kemampuan berpikir tersebut seharusnya melibatkan jenjang kegiatan berpikir yang tinggi dan kompleks atau yang disebut dengan HOT (High Order Thinking) yang mencerminkan proses berpikir dan salah satu pendekatan yang sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir tersebut adalah pendekatan ilmiah. Hal yang melatarbelakangi pengembangan langkah pembelajaran dan instrumen asesmen untuk siswa kelas VII SMP ini adalah langkah pembelajaran dan asesmen pada kurikulum 2013 masih kurang tersedia sehingga guru menginginkan adanya langkah pembelajaran dan asesmen yang lebih baik dan beragam. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk (1) langkah pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII yang sesuai dengan pendekatan ilmiah untuk pengembangan HOT (High Order Thinking) dan (2) instrumen asesmen pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII untuk pengembangan HOT (High Order Thinking). 12288 12288 12288 12288 Model penelitian dan pengembangan prosedural untuk produk langkah pembelajaran ini melalui tujuh tahapan yaitu (1) peneliti melakukan studi literatur dan penelaahan berbagai sumber pustaka dan analisis kurikulum (2) menyusun rencana penelitian yang meliputi rumusan tujuan yang hendak dicapai penelitian penentuan spesifikasi produk yang diharapkan dan langkah-langkah penelitian (3) pengembangan draf produk berupa langkah pembelajaran dan instrumen asesmen (4) melakukan uji coba terbatas dan kemudian melakukan revisi awal (5) uji coba produk oleh ahli produk dan uji pelaksanaan lapangan oleh praktisi yaitu guru yang selama uji coba diadakan pengamatan (6) produk direvisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh para ahli dan praktisi dan (7) penyempurnaan produk sebagai hasil akhir produk. 12288 12288 12288 12288 Sumber data penelitian pengembangan ini ada tiga yaitu ahli praktisi dan siswa. Ahli yang melakukan validasi adalah ahli pembelajaran dan asesmen bahasa Indonesia. Jenis data yang diperoleh dari uji coba produk berupa data nominal dan verbal. Data nominal berupa angka-angka dan data verbal antara lain adalah catatan uji coba saran koreksi dan komentar ahli dan praktisi produk yang ditulis pada rubrik yang disediakan oleh peneliti. 12288 12288 12288 12288 Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas tiga jenis yaitu (1) pedoman wawancara (2) pedoman observasi dan (3) angket. Data yang berupa pedoman wawancara digunakan untuk memperoleh data prapengembangan. Wawancara dilakukan kepada guru. Pedoman observasi dan angket digunakan untuk memperoleh data pascapengembangan. Angket uji produk ada tiga jenis yaitu (1) angket uji ahli (2) angket uji praktisi dan (3) angket uji siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji langkah pembelajaran dan instrumen asesmen adalah sebagai berikut. Pertama hasil uji langkah pembelajaran dengan ahli diperoleh hasil uji keterterapan pendekatan ilmiah sebesar 80% keterterapan metode pembelajaran sebesar 80% dan keterterapan HOT (high order thinking) sebesar 78.13%. Kedua hasil uji coba kepada praktisi diperoleh hasil uji keterterapan pendekatan ilmiah sebesar 100% keterterapan metode pembelajaran sebesar 95% dan keterterapan HOT (High Order Thinking) sebesar 81.25%. Ketiga hasil uji produk dengan siswa kelas VII SMP sebesar 87.23%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk hasil uji langkah pembelajaran menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji instrumen asesmen berupa tes objektif dan subjektif adalah sebagai berikut. Pertama hasil uji dengan ahli diperoleh hasil uji validitas isi sebesar 87.50% validitas konstruk sebesar 77.77% dan kepraktisan sebesar 85.71%. Kedua hasil uji coba kepada praktisi diperoleh hasil uji validitas isi sebesar 87.50% validitas konstruk sebesar 91.66% dan kepraktisan sebesar 89.28%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk hasil uji instrumen asesmen menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan disarankan guru bahasa Indonesia dapat memanfaatkan langkah pembelajaran dan instrumen asesmen pembelajaran teks tanggapan deskriptif ini untuk keperluan peningkatan kualitas pembelajaran menilai kemampuan peserta didik dan ketercapaian kompetensi yang diajarkan. Selain guru bahasa Indonesia langkah pembelajaran dan instrumen asesmen ini disarankan untuk dibaca dan dipelajari oleh peneliti lain. Langkah pembelajaran dan instrumen asesmen ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dan sumber bacaan dalam mengembangkan produk langkah pembelajaran dan instrumen asesmen yang lebih baik. Peneliti lain juga disarankan untuk mengembangkan langkah pembelajaran dan instrumen asesmen pembelajaran bahasa Indonesia dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang lain demi mempermudah untuk menilai kemampuan belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9352

Actions (login required)

View Item View Item