Pengaruh fraksi Ag@TiO2 terhadap performa DSSC TiO2/ZnO-Ag@TiO2-Dye/ITO nanopartikel / Safira Mintari Jayadininggar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fraksi Ag@TiO2 terhadap performa DSSC TiO2/ZnO-Ag@TiO2-Dye/ITO nanopartikel / Safira Mintari Jayadininggar

Jayadininggar, Safira Mintari (2019) Pengaruh fraksi Ag@TiO2 terhadap performa DSSC TiO2/ZnO-Ag@TiO2-Dye/ITO nanopartikel / Safira Mintari Jayadininggar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Jayadininggar Safira Mintari. 2019. Pengaruh Fraksi Ag TiO2 terhadap Performa DSSC TiO2/ZnO-Ag TiO2-Dye/ITO Nanopartikel. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd. M.Si. Kata kunci Ag TiO2 DSSC ZnO-Ag TiO2 Performa DSSC TiO2/ZnO-Ag TiO2-Dye/ITO Nanopartikel Saat ini sel surya menjadi perangkat konversi energi yang menjanjikan. DSSC merupakan sel surya generasi ketiga yang dikembangkan karena memiliki kelebihan yakni proses fabrikasi yang sederhana dan biaya yang lebih rendah. Prinsip kerja teknologi DSSC adalah memanfaatkan zat warna/dye sebagai agen penyerap foton. Saat ini penelitian mengenai dye alami terus dikembangkan. Selain dye kunci utama proses konversi energi terdapat pada bagian fotoanoda. Fotoanoda disusun dari material semikonduktor dengan band gap tinggi seperti ZnO TiO2 dsb. ZnO digunakan karena memiliki tingkat mobilitas elektron yang tinggi. Namun tingkat efisiensi DSSC berbasis ZnO cenderung lebih rendah dibandingkan dengan DSSC berbasis TiO2. TiO2 terbukti sebagai material semikonduktor yang baik dan memiliki kelebihan sensitif terhadap cahaya strukturnya yang cenderung stabil inert terhadap reaksi kimia harga yang ekonomis dan tidak beracun. TiO2 yang didoping Ag terbukti dapat menaikkan nilai efiensi. Namun Ag memiliki sifat mudah terkorosi. Solusinya adalah mengenkapsulasi Ag dengan material inert seperti TiO2. Diharapkan dengan penambahan material Ag TiO2 nanopartikel (NP) pada fotoanoda TiO2/ZnO-Ag TiO2-Dye/ITO dapat meningkatkan performa DSSC. Dalam penelitian ini ZnO NP disintesis menggunakan metode kopresipitasi. Selanjutnya Ag TiO2 NP disintesis menggunakan metode one-pot synthesis. Komposisi mesoporus metal oksida ZnO-Ag TiO2 dengan variasi Ag TiO2 NP sebesar 0 00 0 02 0 04 0 06 dan 0 08 g. Proses selanjutnya adalah pelarutan dye 946 -karoten pembuatan elektrolit KI dan counter elektroda platina. Selanjutnya dilakukan fabrikasi DSSC TiO2/ZnO-Ag TiO2-Dye/ITO NP. Karakterisasi DSSC TiO2/ZnO-Ag TiO2-Dye/ITO NP dilakukan dengan menggunakan XRD SEM-EDX UV-Vis dan I-V meter Keithley. Berdasarkan hasil analisis XRD dan EDX menunjukkan bahwa ZnO-Ag TiO2 NP telah berhasil disintesis. Peningkatan fraksi Ag TiO2 NP pada komposit ZnO NP-Ag TiO2 mengakibatkan ukuran butir ZnO cenderung meningkat dan kristanilitas komposit cenderung menurun. Dari hasil analisis SEM diketahui bahwa morfologi permukaan fotoanoda TiO2/ZnO-Ag TiO2 berbentuk bulat teraglomerasi dan berpori. Daerah absorbansi film TiO2 NP/ZnO NP-Ag TiO2 NP berada pada spektrum ultraviolet. Peningkatan fraksi Ag TiO2 NP pada komposit ZnO-Ag TiO2 cenderung menurunkan nilai band gap. Efisiensi DSSC meningkat seiring dengan peningkatan fraksi Ag TiO2 pada komposit ZnO-Ag TiO2 hingga mencapai titik optimum pada 0 08 g Ag TiO2 NP dengan efisiensi mencapai 0 289%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93516

Actions (login required)

View Item View Item