Pengaruh doping Ag pada bahan tetrahedrite berbasis Cu1-xAgxS terhadap performa termoelektrik menggunakan metode modifikasi Polyol / Dicky Aditya

Aditya, Dicky (2019) Pengaruh doping Ag pada bahan tetrahedrite berbasis Cu1-xAgxS terhadap performa termoelektrik menggunakan metode modifikasi Polyol / Dicky Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dicky Aditya. 2019. Pengaruh Doping Ag Pada Bahan Tetrahedrite Berbasis Cu1-xAgxS Terhadap Performa Termoelektrik Menggunakan Metode Modified Polyol Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Dr. Markus Diantoro, M.Si, (II) Drs. Yudyanto, M.Si. Kata Kunci: Termoelektrik, nanomaterial CuS, struktur, efisiensi,. Termoelektrik merupakan suatu alat yang dapat secara langsung mengubah energi panas menjadi energi listrik. Pada prinsipnya teknologi ini merupakan teknologi yang memanfaatkan suatu material semikonduktor termoelektrik yang dapat mengkonversi energi termal menjadi energi listrik.Selama ini belum ditemukan tentang film tipis termoelektrik CuS yang didoping Ag. Dalam penelitian ini dilaporkan fabrikasi film Cu1-xAgxS dan karakterisasi. Fabrikasi termoelektrik dilakukan dengan membuat film tipis tembaga (II) monohydrate asetat, belerang dan Ag asetat dilarutkan dalam 100 mL tetrathylene glycol dalam glass beaker 100 mL yang dihasilkan biru hijau. Selanjutnya dialiri gas nitrogen ± 10 menit dengan terus diaduk pada magnetic stirrer. Natrium borohidrida (4 g,100 mmol) dilarutkan dalam 100 mL tetrathylene glycol (dengan di sonikasi) dan dicampurkan pada larutan basis dan dihasilkan larutan berwarna hitam yang dipanaskan pada suhu 150 ºC dibawah aliran gas nitrogen selama 1 jam dan didiamkan sehingga reaksi kembali ke suhu kamar. Campuran yang dingin dimasukkan ke dalam 50 mL tabung sentrifuge dan di sentrifugasi pada 5000 rpm ± 10 menit. Nanomaterial kemudian dilapiskan pada kaca preparat dengan daerah aktif 1 x 1 cm. Kemudian dilakukan sintering pada suhu 80 oC selama setengah jam. Karakterisasi dilakukan dengan menggunakan XRD, SEM, dan I-V meter. Berdasarkan karakterisasi kurva I-V pada termoelektrik didapatkan nilai konduktivitas yang cenderung meningkat dengan bertambahnya massa doping. Nilai konduktivitas tertinggi pada material termoelektrik sebesar 70 oC. Dengan kristalinitas yang semakin meningkat seiring penambahan doping Ag pada CuS. Untuk karakterisasi morfologi pada thin film menggunakan SEM menghasilkan bahwa unsur kimia doping Ag semakin menyebabkan perubahan bentuk butir. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93504

Actions (login required)

View Item View Item