Manggala, Wima Ariya (2014) Motivasi belajar siswa berprestasi (potret motivasi siswa berprestasi dalam belajar bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Malang kelas XI Program IPA tahun 2012-2013) / Wima Ariya Menggala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menggala Wima Ariya. 2013. Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Potret Motivasi Siswa Berprestasi dalam Belajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Malang Kelas XI Prog. IPA Tahun 2012-2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo H.S M.Pd (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci motivasi belajar siswa berprestasi bahasa indonesia. Penelitian tentang motivasi belajar menjadi salah satu upaya meningkatkan motivasi bejar siswa. Dari penelitian terdahulu seperti hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar dan kedisiplinan motivasi belajar dengan minat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar atau ekperimen motode/strategi untuk meningkatkan motivasi belajar turut mengisi upaya peningkatan motivasi belajar tersebut. Dari alasan inilah peneliti mengadakan penelitian motivasi belajar agar turut andil dalam peningkatan kualitas pendidikan. Perbedaannya ialah peneliti hanya menggambarkan motivasi belajar siswa berprestasi dan memfokuskan pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merumusan masalah menjadi dua pokok inti yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa berprestasi dalam pelajaran bahasa indonesia yaitu jenis motivasi belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMAN 3 Malang dan fungsi motivasi belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMAN 3 Malang. Penelitian dengan judul Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Potret Siswa Berprestasi dalam Belajar Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Malang XI Prog. IPA tahun 2012-201 dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan tujuan ingin mencapai deskripsi tentang motivasi belajar siswa berpresatasi dengan menerangkan jenis dan fungsi motivasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis temuan penelitian jenis motivasi belajar siswa berprestasi SMAN 3 Malang program IPA dalam mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi motivasi internal eksternal dan positif-negatifl. Pertama jenis motivasi internal dalam penelitian ini berupa keinginan mendapatkan prestasi lebih selalu semangat pada mata pelajaran bahasa Indonesia selalu belajar bahasa Indonesia ketika di rumah berusaha bertanya ke teman memperhatikan saat pelajaran berlangsung dan percaya diri dalam praktik berbicara serta termotivasi belajar bahasa Indonesia karena memang mereka tertarik pada pelajarannya dan sekaligus menganggap pelajaran BI sebagai bagian refresing yang tidak membebani. Kedua bentuk motivasi eksternal yang ditemukan dalam penelitian ini berupa motivasi eksternal yang positif berupa dorongan dari orang tua pergaulan antar-sesama teman (di dalam sekolah dan di luar sekolah) citraan guru pengajar dan kondisi lingkungan sekolah/ sosial. Sementara itu motivasi eksternal yang bersifat negatif berupa larangan membaca buku bacaan bahasa dan sastra kecenderungan untuk lebih mendahulukan mata pelajaran lain kurangnya intensitas pergaulan dengan komunitas kebahasaan dan citraan guru yang kurang disukai siswa. Ketiga bentuk motivasi positif-negatif yang ditemukan dalam penelitian ini berupa siswa respon positif dan negatif siswa terhadap penyediaan instrumen pendukung motivasi belajar penyikapan siswa oleh guru dalam pembelajaran kurikulum yang diberikan di sekolah serta fasilitas/sarana prasarana yang dibuat/dipola sebaik-baiknya agar membantu siswa dalam belajar. Fungsi motivasi belajar siswa berprestasi SMAN 3 Malang program IPA dalam mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi fungsi motivasi internal eksternal dan positif-negatif. Pertama fungsi dan peran motivasi internal yang ditemukan dalam penelitian ini berupa respon positif siswa untuk belajar sendiri belajar kelompok mengikuti organisasi dan ekstrakulikuler dan bersaing dalam hal prestasi. Kedua fungsi motivasi eksternal yang ditemukan terhadap citraan guru dalam mengajar dukungan orang tua lingkungan positif mereka di luar maupun di dalam sekolah dan fasilitas dan keterkaitan siswa dalam lomba-lomba. Ketiga fungsi motivasi positif-negatifl yang ditemukan dalam penelitian ini berupa respon positif siswa terhadap perlakuan guru dan instrumen yang diterapkan oleh guru (laboraturium bahasa perpustakaan dan lomba-lomba kebahasaan yang di adakan sekolah). Selain itu respon positif terhadap motivasi positif-negatif juga. Analisis penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa terdapat motivasi dari siswa berprestasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajar mereka dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar menjadi suatu hal yang berdampak positif bagi proses dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut tersebut peneliti menyarankan agar guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menerapkan pola pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan motivasi. Hal ini juga harus adanya dorongan dari sistem sekolah untuk memberikan kemudahan memanfaatkan fasilitas sekolah. Akan tetapi hal ini tidak boleh lepas dari pengawalan orang tua. Orang tua hendaknya mendukung dan tidak membeda-bedakan pelajaran satu dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9349 |
Actions (login required)
View Item |