Pengembangan blog menulis berita untuk majalah sekolah sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA / Ardi Wina Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan blog menulis berita untuk majalah sekolah sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA / Ardi Wina Saputra

Saputra, Ardi Wina (2014) Pengembangan blog menulis berita untuk majalah sekolah sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA / Ardi Wina Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputra Ardi Wina. 2013. Pengembangan Blog Menulis Berita untuk Majalah Sekolah sebagai Media Pembinaan Ekstrakurikuler Jurnalistik bagi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Drs. Roekhan M.Pd (II) Karkono S.S M.A. Kata kunci blog menulis berita jurnalistik. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan jurnalistik mulai diminati oleh hampir setiap jenjang pendidikan beberapa tahun terakhir khususnya hampir setiap jenjang SMA sudah memiliki tim redaksi yang menyusun majalah tabloit atau koran sekolah untuk diterbitkan secara berkala dan dibaca oleh seluruh warga sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi meningkat drastis beberapa dekade terakhir khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi dari internet yang paling jelas adalah dengan menggunakan electronic mail (e-mail) dan world wide web (www) yang juga sebagai dasar dalam pembuatan blog. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan produk berupa blog yang berisi materi menulis berita untuk majalah sekolah bagi para peserta kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan wujud blog sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA dan (2) mendeskripsikan keefektifan blog sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Research and Development (R D) dari Sugiyono yang telah disederhanakan. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat tujuh tahap prosedur penelitian yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) uji coba pemakaian (5) revisi desain (6) validasi desain dan (7) revisi produk. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli jurnalistik (2) ahli media (3) pembina kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dan (4) peserta kegiatan ekstrakurtikuler jurnalistik. 12288 12288 12288 12288 Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli pembina dan peserta kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan dan (3) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. 12288 12288 12288 12288 Uji produk melibatkan ahli materi jurnalistik menghasilkan rata-rata kelayakan produk sebesar 60% ahli media 92% pembina kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik 100% dan siswa 88%. Berdasarkan hasil uji melibatkan ahli materi jurnalistik dan ahli media produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil uji melibatkan pembina dan peserta ekstrakurikuler jurnalistik produk tergolong sangat layak dan siap untuk diimplementasikan. Namun ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli materi dan ahli media. 12288 12288 12288 12288 Simpulan penelitian pengembangan ini adalah blog menulis berita untuk majalah sekolah sudah layak diimplementasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Manfaat dari produk blog yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebagai alternatif dalam pemberian materi saat kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik berlangsung. Blog juga bukan sebagi bentuk pengganti guru atau buku namun sebagai referensi tambahan dalam memperoleh materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item