Pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Elsa Dwi Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Elsa Dwi Ratna Sari

Sari, Elsa Dwi Ratna (2013) Pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Elsa Dwi Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Elsa Dwi Ratna. 2013. Pembelajaran Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci pembelajaran berbicara siswa SMP SMP Brawijaya Smart School Malang 12288 12288 12288 12288 Berbicara merupakan aspek khusus yang paling praktis untuk digunakan dalam berkomunikasi. Kemampuan berbicara ragam formal tidak dapat diperoleh dengan sendirinya. Oleh karena itu diperlukan adanya kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran berbicara guru akan melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara. Dalam Kurikulim Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 pembelajaran berbicara merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP/MTs kelas VII semester 1. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembahasan lebih dalam mengenai pembelajaran berbicara. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini agar dapat memperoleh gambaran deskriptif mengenai pembelajaran berbicara yang sesuai dengan tujuan umum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam KTSP. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun secara tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data berupa informasi mengenai tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berbicara diperoleh dari analisis dokumen wawancara dan pengamatan langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman analisis RPP lembar observasi dan pedoman observasi serta pedoman wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi ahli. Analisis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item