Karakteristik cerpen pada lomba menulis cerpen siswa SMA se-kota Malang tahun 2013 / Dyah Ayu Chandra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik cerpen pada lomba menulis cerpen siswa SMA se-kota Malang tahun 2013 / Dyah Ayu Chandra Dewi

Dewi, Dyah Ayu Chandra (2013) Karakteristik cerpen pada lomba menulis cerpen siswa SMA se-kota Malang tahun 2013 / Dyah Ayu Chandra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Dyah Ayu Chandra. 2013. Karakteristik Cerpen pada Lomba Menulis Cerpen Siswa SMA se-Kota Malang Tahun 2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd. (II) Dr. Martutik M. Pd. Kata Kunci karakteristik cerpen lomba menulis cerpen karya fiksi. Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa jenjang SMA adalah menulis cerpen. Lomba menulis cerpen tingkat SMA se-Kota Malang tahun 2013 merupakan ajang untuk melihat kreativitas siswa SMA se-Kota Malang dalam menulis cerpen. Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek yang merupakan bagian dari prosa fiksi. Sebagai prosa fiksi cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik yang menopangnya. Pengembangan ide cerita tokoh dan penokohan merupakan bagian dari unsur intrinsik cerpen yang memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan karakter cerpen. Berdasarkan alasan tersebut peneliti perlu mengkaji pola pengembangan ide cerita tokoh dan penokohan dalam cerpen siswa secara lebih mendalam. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengembangan ide cerita tokoh dan penokohan dalam cerpen siswa SMA se-Kota Malang tahun 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian adalah kutipan pola pengembangan ide cerita tokoh dan penokohan cerpen. Sumber data dalam penelitian ini adalah 27 cerpen hasil lomba menulis cerpen siswa SMA se-Kota Malang tahun 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumen yaitu dengan memanfaatkan dokumenberupa cerpen yang sudah ada. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber data dan memilih satu cerpen dari tiap sekolah. Instrumen kunci penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu instrumen tambahan berupa tabel pengumpul data dan panduan analisis data. Kegiatan analisis data dimulai dari identifikasi klasifikasi penyajian data analisis dan penarikan simpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan teknik ketekunan pengamatan pengecekan sejawat dan triangulasi. Ketekunan pengamatan yaitu dengan menganalisis secara berulang-ulang. Pengecekan sejawat dengan cara berdiskusi dengan teman tentang analisis data. Selanjutnya triangulasi dengan teori yang relevan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama ide cerita yang dikembangkan oleh siswa sesuai dengan usia mereka yang tergolong remaja misalnya tentang percintaan persahabatan pencarian jati diri peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat dan ketuhanan. Cerpen siswa SMA se-Kota Malang memiliki cara-cara khas (style) pada aspek pemilihan bahasa (diksi). Siswa sudah mampu menyisipkan beberapa istilah yang masih terkesan tidak umum bagi orang awam. Beberapa istilah tidak umum itu ditemukan pada cerpen berjudul Dia Tuhan yaitu istilah terdistorsi beralih kiblat jadi ketuhanan sorot katastropik bertranslokasi dan perpustakaan bersiluet. Terdapat tujuh variasi pola pengembangan ide cerita. Ketujuh variasi pola pengembangan ide cerita yaitu (1) pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-peleraian-penyelesaian sejumlah tujuh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item