Kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Bayu Gusti Antri Hariyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Bayu Gusti Antri Hariyono

Hariyono, Bayu Gusti Antri (2013) Kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Bayu Gusti Antri Hariyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hariyono Bayu Gusti A. 2013. Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. (II) Moch. Syahri S. Sos M. Si. Kata Kunci kemampuan menulis teks pidato pembelajaran menulis Kemampuan berbicara penting untuk dikuasai. Hal itu disebabkan oleh kemampuan berbicara digunakan sebagai media interaksi dengan manusia yang lain. Salah satu ragam berbicara adalah pidato. Sebelum berpidato diperlukan sebuah teks pidato. Tujuannya adalah agar ide atau gagasan yang ingin disampaikan dapat lebih runtut dan kompleks. Sebagai bahasa tulis teks pidato harus memperhatikan aspek kebahasaan. Aspek kebahasaan itu meliputi ejaan dan tanda baca diksi dan kalimat efektif. Selain itu teks pidato memiliki struktur yang berbeda dengan bahasa tulis yang lain. Oleh karena itu teks pidato yang ditulis siswa dapat dinilai melalui aspek kelengkapan struktur teks pidato ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca ketepatan diksi dan keefektifan kalimat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa teks pidato yang ditulis siswa. Instrumen penelitian berupa tes menulis teks pidato dan pedoman penilaian menulis teks pidato. Penilaian dilakukan dengan metode diskrit yaitu dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang diteliti. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini terdiri atas aspek kelengkapan struktur teks pidato ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca ketepatan diksi dan keefektifan kalimat. Selain itu penilaian juga dilakukan dengan metode holistik yaitu dengan penilaian teks pidato secara utuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penugasan menulis teks pidato. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan pengkodean dan penilaian. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh lima hasil penelitian. Pertama siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek kelengkapan struktur teks pidato. Hal itu dibuktikan oleh jumlah persentase siswa yang mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek kelengkapan struktur teks pidato sebesar 100% (72 siswa). Kedua siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 belum mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca. Hal itu dibuktikan oleh jumlah persentase siswa yang mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca sebesar 59 7% (43 siswa) sedangkan persentase siswa yang tidak mampu sebesar 40 3% (29 siswa). Ketiga siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan diksi. Hal itu dibuktikan oleh jumlah persentase siswa yang mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan diksi sebesar 77 8% (56 siswa) sedangkan persentase siswa yang tidak mampu sebesar 22 2% (16 siswa). Keempat siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 belum mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek keefektifan kalimat. Hal itu dibuktikan oleh jumlah persentase siswa yang tidak mampu menulis teks pidato berdasarkan aspek keefektifan kalimat sebesar 100% (72 siswa). Kelima siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013 belum mampu menulis teks pidato secara utuh. Hal itu dibuktikan oleh jumlah persentase siswa yang mampu sebesar 33 3% (24 siswa) sedangkan yang tidak mampu sebesar 66 7% (48 siswa). Siswa dikategorikan mampu apabila terdapat minimal 75% siswa yang memperoleh nilai minimal 75. Ini terjadi karena penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks pidato seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama guru Bahasa Indonesia disarankan untuk memberikan contoh teks pidato utuh selanjutnya bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi struktur teks pidato tersebut. Selain itu guru juga disarankan memberikan banyak latihan dan contoh terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia khususnya pada aspek keefektifan kalimat diksi (pilihan kata) dan penggunaan ejaan dan tanda baca. Kedua Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti karakteristik struktur teks pidato karakteristik diksi dan karakteristik pola kalimat yang digunakan dalam teks pidato siswa. Ketiga siswa disarankan untuk banyak berlatih mengidentifikasi struktur teks pidato dan juga berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9319

Actions (login required)

View Item View Item