Kendala-kendala menulis aksara Jawa di SMP Negeri Malang / Santi Widiwarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kendala-kendala menulis aksara Jawa di SMP Negeri Malang / Santi Widiwarti

Widiwarti, Santi (2013) Kendala-kendala menulis aksara Jawa di SMP Negeri Malang / Santi Widiwarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiwarti Santi. 2013. Kendala-kendala Menulis Aksara Jawa di SMP Negeri Malang. Skripsi Prodi Pend. Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunaryo HS S.H. M. Hum. (II) Dwi Sulistyorini S.S. M.Hum. Kata kunci kendala Aksara Jawa SMP Negeri Malang 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Keterampilan menulis Aksara Jawa merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa SMP dalam pelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran menulis Aksara Jawa mengajak siswa untuk berpikir konkret dan berkesinambungan. Konkret artinya pembelajaran menulis Aksara Jawa mengajarkan bentuk-bentuk Aksara Jawa sedangkan berkesinambungan karena pengenalan bentuk Aksara Jawa diajarkan sejak dari dasar sampai bentuk huruf yang tersulit dalam penulisan teks Aksara Jawa. Sebagian besar siswa kesulitan pada saat menghafalkan aksara Jawa yang mirip dalam hal penulisan maupun pembacaan. Peneliti mengkaji kendala yang dialami siswa SMP dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa terutama dalam hal penulisan carakan sandhangan dan aksara murdha. Dengan demikian penelitian ini berjudul Kendala-kendala Menulis Aksara Jawa di SMP Negeri Malang . Tujuan yang diharapkan lewat penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala-kendala yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis carakan sandhangan dan aksara murdha. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan dari Guru dan Siswa mengenai kendala-kendala dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa. Penelitian ini hanya memaparkan data yang diperoleh dan menggambarkannya dengan kata-kata dan kalimat. Dalam penelitian ini peneliti merupakan alat atau instrumen utama dalam pengumpulan data sehingga kehadirannya mutlak diperlukan. Peneliti menjadi perencana pelaksana pengumpulan data analisis penafsiran data dan pelaporan hasil penelitian. Data yang dimaksud adalah data yang berkaitan dengan kemampuan siswa menulis Aksara Jawa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menuliskannya. Peneliti menggunakan angket wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa kurang mampu dalam penulisan aksara Jawa. Siswa sering merasa kesulitan pada saat menghafalkan aksara Jawa yang mirip dalam hal penulisan maupun pembacaan. (2) siswa kesulitan dalam membedakan carakan yang mirip. (3) siswa kesulitan dalam membedakan sandhangan yang mirip dalam penulisan maupun bacaannya. (4) siswa kesulitan pada saat penempatan dan penggunaan aksara murdha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item