Prasetyo, Sandy (2013) Kualitas penggunaan bahasa Indonesia dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung / Sandy Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kualitas penggunaan bahasa surat pribadi Surat merupakan sarana komunikasi tulis yang penting untuk dikuasai. Dengan menulis surat seseorang dapat menuangkan gagasan perasaan pesan atau informasi kepada orang lain. Salah satu bentuk keterampilan bahasa tulis adalah menulis surat pribadi. Ketika menulis surat pribadi siswa perlu memerhatikan penggunaan bahasanya agar gagasan perasaan pesan atau informasi dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu untuk mengetahui kualitas penggunaan bahasa surat siswa dilakukan analisis kualitas penggunaan bahasa Indonesia dalam surat pribadi siswa kelas VII SMP pada aspek pemaragrafan berdasarkan posisi dan fungsinya keefektifan kalimat pemilihan dan pembentukan kata dan penggunaan ejaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sedangkan alat bantu yang digunakan berupa lembar petunjuk pengerjaan menulis surat pribadi dan panduan analisis data. Data penelitian ini berupa teks surat pribadi tulisan siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan penugasan menulis surat pribadi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengolahan data pengidentifikasian data pengodean data penyajian data dan akhirnya penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat hasil penelitian. Pertama pemaragrafan berdasarkan posisi dan fungsinya dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi (1) pemaragrafan pembuka yang tepat sebanyak 32 paragraf (62 7%) pemaragrafan pembuka yang kurang tepat sebanyak 19 paragraf (37 3%) dan pemaragrafan pembuka yang tidak tepat sebanyak 0 paragraf (0%) (2) pemaragrafan isi yang tepat sebanyak 42 paragraf (80 8%) pemaragrafan isi yang kurang tepat sebanyak 3 paragraf (5 8%) dan pemaragrafan isi yang tidak tepat sebanyak 7 paragraf (13 4%) dan (3) pemaragrafan penutup yang tepat sebanyak 34 paragraf (66 6%) pemaragrafan penutup yang kurang tepat sebanyak 16 paragraf (31 4%) dan pemaragrafan penutup yang tidak tepat sebanyak 1 paragraf (2%). Kedua keefektifan kalimat dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi kalimat yang efektif sebanyak 370 kalimat (74 3%) dan kalimat yang tidak efektif sebanyak 128 kalimat (25 7%). Ketiga pemilihan dan pembentukan kata dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi (1) pemilihan kata yang tepat sebanyak 5022 kata (96 7%) dan pemilihan kata yang tidak tepat sebanyak 167 kata (3 3%) dan (2) pembentukan kata yang tepat sebanyak 643 kata (95 1%) dan pembentukan kata yang tidak tepat sebanyak 33 kata (4 9%). Keempat penggunaan ejaan dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi penggunaan ejaan yang tepat sebanyak 2040 ejaan (80 2%) dan penggunaan ejaan yang tidak tepat sebanyak 222 ejaan (9 8%). Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama guru Bahasa Indonesia disarankan untuk memberikan banyak latihan dan contoh terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia khususnya pada aspek keefektifan kalimat pemilihan dan pembentukan kata dan penggunaan ejaan. Kedua peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian sejenis khususnya terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia. Ketiga siswa disarankan untuk meningkatkan belajar khususnya terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9312 |
Actions (login required)
View Item |