Yuanita, Anne (2013) Gaya hidup tokoh remaja novel Teenlit dan potensi novel Teenlit sebagai sumber ajar bermuatan pendidikan karakter pada jenjang SMP/MTs / Anne Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci apresiasi sastra bahan ajar sastra novel teenlit Pada usia remaja seseorang berada pada tahap pencarian jati diri. Saat itulah kondisi emosinya labil sehingga ia mudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitar-nya. Hal-hal yang bisa memengaruhi remaja di antaranya adalah media massa dan bacaan. Salah satu bacaan yang sangat diminati oleh remaja adalah novel teenlit. Novel jenis ini sangat diminati oleh para remaja termasuk di dalamnya adalah remaja putri yang sedang duduk di bangku SMP/MTs. Di sisi lain pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia membutuhkan sumber ajar berupa novel remaja untuk menunjang pembelajaran. Salah satu novel remaja yang bisa dipertimbangkan adalah novel teenlit. Sayangnya banyak orang menilai novel ini sebagai pemberi pengaruh negatif bagi para pembacanya yang masih remaja termasuk pengaruh gaya hidup. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian tentang gaya hidup tokoh remaja dalam novel teenlit dan potensinya sebagai sumber ajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran gaya hidup tokoh remaja novel teenlit dan potensi novel ini sebagai sumber ajar yang bermuatan pendidikan karakter untuk jenjang SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa unit-unit tekstual gaya hidup tokoh remaja diperoleh dari sumber data berupa novel teenlit yang mencakup Tuxedo Prince Wonderfully Stupid dan Bali to Remember. Penumpulan data dilakukan dengan cara pembacaan novel dan pencatatan serta pemebrian tanda pada unit-unit tekstual yang menggambarkan aspek gaya hidup tokoh remaja novel teenlit. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan pengecekan sejawat. Kegiatan analisis data di-mulai dari identifikasi kodifikasi dan klasikikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama gaya hidup tokoh remaja novel teenlit yang terdiri atas gaya hidup positif hedonis dan negatif yang bukan hedonis. Gaya hidup hedonis merupakan gaya hidup yang mendominasi. Hal ini ter-lihat dari berbagai aspek gaya hidup yang menunjukkan adanya motif untuk menca-pai kesenangan. Kedua potensi novel teenlit sebagai sumber ajar bermuatan pendidikan ka-rakter pada jenjang SMP/MTs yang dilihat dari berbagai sudut pandang. Novel teenlit berpotensi sebagai sumber ajar yang bermuatan pendidikan karakter untuk jenjang SMP/MTs dengan catatan guru harus menyiapkan strategi pembelajaran yang tepat agar para siswa terhindar dari pengaruh negatif novel teenlit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |