Azizah, Nismahul (2013) Kecenderungan unsur intrinsik geguritan siswa kelas X SMA Negeri Plandaan Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2011/2012 / Nismahul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kecenderunganGeguritan karya siswa SMA Menulis geguritan merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum muatan lokal (mulok) Bahasa Jawa di kelas X SMA Negeri Plandaan Kabupaten Jombang. Geguritanmerupakan bentuk karya sastra yang mengungkapkan pemikiran perasaan dan merangsang imajinasi dengan mempergunakan kata-kata yang ritmis dan penggunaan bahasa yang indah. Dalam pembelajaran menulis di sekolah siswa dituntut untuk mampu menulis geguritandengan menggunakan diksi gaya bahasa serta tema yang baik dan benar. Dengan demikian siswa diharuskan mampu memahami cara menulis geguritan dengan unsur-unsur tersebut. Geguritan berperan bagi setiap siswa khususnya siswa SMA dalam praktik dan terjun langsung ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kecenderungandiksi gaya bahasa dan tema pada geguritansiswa kelas X SMA Negeri Plandaan Kabupaten Jombang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data yang dipaparkan berupa 30 geguritansebagai sampel dari90 geguritan siswa kelas X SMA Negeri Plandaan Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil analisis data dihasilkan tiga temuan. Temuan pertama diksi yang digunakan dalam penulisan geguritanterdiri atas(1) perbendaharaan kata yang meliputi interferensi bahasa kata yang bersifat mbeling kata yang bersifat protes dan kata yang bersifat religius.(2) Urutan kata yang meliputi urutan kata yang menimbulkan perasaan sedih urutan kata yang menimbulkan perasaan kecewa dan urutan kata yang menempatkan subjek di awal baris. (3) Kaidah penulisan bahasa Jawa sertaunsur laras bahasa (campuran antara dua bahasa). Temuankedua karakteristik gaya bahasa pada geguritanyang meliputi majas personifikasi majas metafora majas simile majas hiperbola dan majas litotes. Temuan ketiga karakteristik tema pada geguritanyang digunakan dalam penulisan geguritan terdiri atas percintaan kasih sayang persahabatan serta pesan langsung yang hendak disampaikan penulis kepada pembacanya. Berdasarkan simpulan di atas disarankan kepada guru Bahasa Jawa untuk lebih memperhatikan diksi dari segi perbendaharaan kata kaidah penulisannya serta laras bahasanya.Memberikan manfaat dan masukan kepada guru mata pelajaran Bahasa Jawa untuk memperhatikan penggunaan gaya bahasa/ majas dan tema yang digunakan oleh siswa dalam menulis geguritan.Memberikan manfaat kepada peneliti selanjutnyaagar mampu mengarahkan siswa untuk mengolah emosi dalam bahasa geguritan yang indahdan puitis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |