Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 8 Malang / Haifa Marta - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 8 Malang / Haifa Marta

Marta, Haifa (2013) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 8 Malang / Haifa Marta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran Bahasa Indonesia Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan grand design tentang penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkat pendidikan mulai sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi untuk melahirkan generasi bangsa yang cerdas akal sekaligus cerdas secara moral. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam semua mata pelajaran termasuk Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan karakter bagi siswa. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memerlukan pemahaman guru sebagai pelaksana kurikulum dan fasilitator bagi siswa melalui kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga siswa tidak hanya memiliki kompetensi yang baik melainkan juga memiliki budi pekerti yang terpuji. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif evaluatif yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sekaligus memberikan penilaian dengan kriteria yang telah ditetapkan. Data penelitian ini berupa nilai-nilai karakter yang tercermin dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini yaitu (1) dokumen yaitu RPP yang disusun oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X XI XII di SMAN 8 Malang (2) informan (guru yang diteliti) dan (3) proses kegiatan pembelajaran dan proses evaluasi pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman studi dokumentasi pedoman observasi dan pedoman wawancara. Prosedur pengumpulan data tentang perencanaan pembelajaran menggunakan studi dokumen data tentang pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara. Data dianalisis secara kontinu dengan tahapan mengumpulkan data utama dan pendukung memilih data yang tepat menganalisis data dan memberikan penilaian sesuai dengan kriteria implementasi pendidikan karakter yang telah ditetapkan. Nilai karakter diimplementasikan dalam perencanaan pembelajaran terwujud dalam RPP. Nilai karakter yang dominan dan berulang dicantumkan dalam RPP di kelas X adalah bersahabat/komunikatif dan tanggung jawab. Namun dalam RPP guru kelas X juga mencantumkan beberapa nilai karakter lainnya untuk mendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Nilai karakter tersebut adalah rasa ingin tahu kritis percaya diri kreatif dan ii teliti. Nilai karakter yang dominan dan berulang dicantumkan dalam RPP di kelas XI adalah kritis dan gemar membaca. Selain itu dalam RPP guru kelas XI juga mencantumkan beberapa nilai karakter lainnya untuk mendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Nilai karakter tersebut adalah kreatif kerja keras bersahabat/komunikatif mandiri rasa ingin tahu percaya diri dan menghargai prestasi. Nilai karakter yang dominan dan berulang dicantumkan dalam RPP di kelas XII adalah kritis dan bersahabat/komunikatif. Dalam RPP kelas XII guru juga mencantumkan beberapa nilai karakter lainnya untuk mendukung penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Nilai karakter tersebut adalah gemar membaca kreatif tanggung jawab percaya diri dan teliti. Dalam RPP nilai karakter tampak secara eksplisit pada kolom karakter yang diletakkkan setelah kolom indikator pencapaian kompetensi dan langkah kegiatan pembelajaran. Nilai karakter diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran terwujud dalam interaksi siswa dengan guru interaksi siswa dengan siswa serta penugasan dan manajemen kelas. Interaksi siswa dengan guru pada kegiatan awal menerapkan nilai karakter religius pada kegiatan guru mengucapkan salam dan membiasakan siswa berdoa bersama. Pada kegiatan inti ditemukan karakter disiplin mandiri kerjasama tanggung jawab dan komunikatif ketika guru memberikan materi pembelajaran lalu memberikan tugas beserta prosedur penugasan pada siswa baik secara individu maupun kelompok. Pada kegiatan penutup ditemukan karakter religius ketika guru memberikan salam dan membiasakan siswa berdoa bersama ketika akhir pembelajaran. Nilai karakter diimplementasikan dalam evaluasi pembelajaran terwujud dalam penilaian proses melalui kegiatan mengerjakan tugas dan dapat melalui pengamatan siswa di dalam kelas. Penilaian hasil didapatkan dari tugas yang telah dikerjakan siswa. Guru menunjukkan kekurangan dan memberikan bimbingan pada siswa yang belum dapat mencapai kompetensi dengan baik. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk menerapkan karakter percaya diri dan semangat pada siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya mencerminkan nilai karakter pada komponen-komponen lain dalam RPP yaitu pada materi dan penilaian hendaknya guru lebih intensif menerapkan nilai karakter yang telah dicantumkan secara berulang dan merupakan pembiasaan dalam kehidupan siswa (2) bagi pihak sekolah hendaknya memfasilitasi pembiasaan pendidikan karakter untuk siswa di sekolah (3) bagi universitas yang berorientasi pada bidang pendidikan hendaknya berperan dalam meningkatkan kualitas guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dan menyusun alat evaluasi pendidikan karakter di sekolah (4) fokus dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran di kelas sehingga bagi penelitian selanjutnya disarankan meneliti implementasi pendidikan karakter pada lingkup pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9297

Actions (login required)

View Item View Item