Anisah, Giati (2013) Pengembangan instrumen asesmen menulis kreatif cerpen dan naskah drama SMP terintegrasi karakter / Giati Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anisah Giati. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Kreatif Cerpen dan Naskah Drama SMP Terintegrasi Karakter. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Hasiati M.Pd. (II) Dr. Nurhadi M.Pd. Kata kunci instrumen asesmen menulis kreatif cerpen menulis kreatif naskah drama penilaian karakter. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penilaian kemampuan menulis kreatif bidang kesastraan khususnya cerpen dan naskah drama di SMP memiliki banyak kekurangan. Kekurangan tersebut terdiri dari empat hal yakni (1) instrumen asesmen kurang memiliki validitas yang baik (2) instrumen asesmen kurang reliabel sehingga porsi subjektivitas guru tinggi (3) tugas kurang praktis sehingga tidak semua siswa mengumpulkan tugas pada batas waktu yang ditentukan dan (4) kriteria penilaian proses kurang jelas. Kekurangan yang ada di lapangan tersebut perlu segera ditanggulangi. Membiarkan keadaan ini berlarut-larut akan menghambat kegiatan evaluasi yang valid. Penelitian ini akan menghasilkan seperangkat instrumen asesmen menulis kreatif cerpen dan naskah drama SMP terintegrasi kararkter. Instrumen asesmen terdiri dari tiga produk yaitu (1) instrumen asesmen menulis kreatif cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami (2) menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memerhatikan keaslian ide dan (3) menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata. Setiap produk terdiri dari tugas menulis kreatif rubrik observasi proses dan rubrik penilaian hasil. Produk dikemas dalam sebuah buku berisi wujud instrumen yang dilengkapi karakteristik dan petunjuk penggunaan yang diselipkan di saku buku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen menulis kreatif cerpen dan naskah drama SMP terintegrasi karakter. Produk yang dikembangkan memperhatikan syarat-syarat instrumen asesmen yang baik yakni memiliki validitas kepraktisan dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan instrumen Djaali dan Muljono (2008 60 62). Berdasarkan prosedur tersebut terdapat dua belas tahap pengembangan instrumen asesmen yakni (1) merumuskan konstruk (2) mengembangkan dimensi dan indikator (3) membuat kisi-kisi (4) menentukan besaran kontinum (5) menulis butir instrumen (6) melakukan uji ahli (7) merevisi berdasarkan hasil uji ahli (8) penggandaan (9) uji coba di lapangan (10) perbaikan atau pengeluaran butir yang tidak valid (11) penghitungan reliabilitas dan (12) perakitan kembali butir yang valid. Penelitian ini memiliki dua jenis data yaitu data numerik dan verbal. Data numerik didapat dari skor yang dituliskan ahli pada angket validasi. Data verbal dibedakan menjadi data verbal tertulis dan data verbal tidak tertulis. Data verbal tertulis berupa catatan komentar kritik dan saran perbaikan mengenai validitas dan kepraktisan produk yang dituliskan subjek uji pada angket validasi. Data verbal tidak tertulis berupa informasi lisan yang diperoleh ketika wawancara. Instrumen asesmen menulis kreatif cerpen dan naskah drama SMP terintegrasi karakter yang dihasilkan penelitian ini dibutuhkan guru dan siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat-syarat instrumen yang baik yakni validitas kepraktisan dan reliabilitas. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan tiga hal yakni (1) guru disarankan menggunakan instrumen untuk menilai keterampilan menulis kreatif cerpen dan naskah drama di SMP dengan mengintegrasikan pendidikan karakter (2) diseminasi produk ini disarankan melalui internet. Jika memungkinkan produk akan diterbitkan dan (3) hasil pengembangan dapat dipelajari dan diterapkan oleh guru dalam mengajarkan kompetensi menulis kreatif cerpen dan naskah drama. Dengan demikian peneliti akan memperoleh tanggapan berupa komentar dan saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi peneliti untuk mengembangkan instrumen asesmen yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |