Pengembangan majalah sekolah sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Laboratorium / Faradinna Arifani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan majalah sekolah sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Laboratorium / Faradinna Arifani

Arifani, Faradinna (2013) Pengembangan majalah sekolah sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Laboratorium / Faradinna Arifani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci majalah sekolah media pembelajaran Majalah sekolah adalah majalah yang diterbitkan dan dikelola oleh sekolah. Keberadaan majalah sekolah sangat penting sebagai media penampung karya siswa sekaligus sebagai media komunikasi. Majalah sekolah bersifat informatif edukatif dan rekreatif. Sebagai media yang bersifat informatif dan edukatif majalah sekolah juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sebagai media pembelajaran. Akan tetapi keberadaan majalah sekolah di tempat penelitian belum ada. Oleh karena itu diperlukan pengembangan majalah sekolah sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan majalah sekolah yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Secara khusus tujuan peneitian ini adalah menghasilkan isi model tampilan dan pemanfaatan majalah sekolah sebagai media pembelajara. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengembangkan produk majalah sekolah yang dapat dijadikan alternatif media pembelajaran Bahasa Indonesia. Spesifikasi produk penelitian ini adalah dihasilkannya bahan cetak berupa majalah sekolah yang berisi isi majalah sekolah yang meliputi deskripsi sekolah berita sekolah laporan kegiatan karya sastra artikel resensi buku dan tampilan majalah sekolah yang menarik. Model pengembangan majalah sekolah ini dirumuskan dengan tahapan (a) pengumpulan informasi awal tentang teori penyusunan majalah dan observasi tentang produksi media massa sekolah (b) perencanaan yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan /isi majalah sekolah pembuatan dummy majalah sekolah penyusunan rubric majalah sekolah dan mendesain majalah sekolah (c) uji coba dan (d) revisi produk. Uji coba produk dirumuskan dalam lima tahap yaitu (a) desain uji coba (b) subjek coba (c) jenis data (d) instrumen pengumpulan data (e) teknik analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman wawancara dan angket. Data verbal berupa catatan komentar saran dan kritik langsung dituliskan pada angket. Untuk mengetahui kevalidan data dilakukan uji coba produk kepada dua pakar satu praktisi dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama isi dalam majalah sekolah yang telah dikembangkan dikelompokkan dalam bentuk rubrik-rubrik. Pengembangan isi/rubrik dalam majalah sekolah ini yaitu (1) rubrik Sekolah Kita (2) rubrik Berita Peristiwa (3) rubrik Tahukah Kamu (4) rubrik Olahraga Yuk (5) rubrik Kisah Inspiratif (6) rubrik Cerpen (7) rubrik Photo Gallery (8) rubrik Pojok Sastra (9) rubrik Resensi (10) rubrik Info Arsimbo (11) rubrik Sisi Lain (12) rubrik Be Smart (13) rubrik Siswa (14) rubrik Tips dan (15) rubrik Humor. Pengembangan isi majalah sekolah berkaitan dengan aspek bahasa. Aspek bahasa yang perlu diperhatikan dalam majalah sekolah meliputi pemilihan kata dan penyusunan paragraf. Paragraf lebih baik jika paragraf yang ditampilkan dalam majalah sekolah tidak terlalu panjang agar mudah dipahami oleh siswa. Demikian hal pilihan kata yang digunakan dalam majalah sekolah ini mudah dipahami oleh siswa karena disesuaikan dengan tingkat pengetahuan siswa dalam memahami bahasa serta disesuaikan dengan gaya bahasa siswa remaja. Kedua tampilan/lay out majalah sekolah meliputi desain pola halaman pemilihan dan penggunaan huruf unsur teks foto ilustrasi desain sampul majalah sekolah. Untuk pemilihan dan penggunaan huruf lebih baik jika didesain dengan memperhatikan konsistensi penggunaan huruf. Ketiga isi dalam majalah sekolah layak dan bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran bahasa Indonesia. Rubrik-rubrik dalam majalah sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran antara lain adalah (1) rubrik Sekolah Kita (2) rubrik Berita Peristiwa (3) rubrik Tahukah Kamu (4) rubrik Olahraga Yuk (5) rubrik Kisah Inspiratif (6) rubrik Cerpen (7) rubrik Pojok Sastra (8) rubrik Resensi (9) rubrik Info Arsimbo (10) rubrik Sisi Lain (11) rubrik Be Smart (12) rubrik Siswa (13) rubrik Tips.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item