Analisis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Lailiyatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Lailiyatus Sa'diyah

Sa'diyah, Lailiyatus (2013) Analisis surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Lailiyatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis surat pribadi tulisan siswa Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa penting dikuasai. Dengan menulis seseorang dapat menyampaikan ide pesan perasaan dan kemauan kepada orang lain. Salah satu bentuk pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa Jawa adalah menulis surat. Dengan menulis surat siswa diajarkan berkomunikasi dengan baik secara tertulis. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis surat pribadi dilakukan analisis surat pribadi berbahasa Jawa tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang pada aspek sistematika kesesuaian isi dengan tujuan dan penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis.Data penelitian ini berupa teks surat pribadi tulisan siswa kelas VIII. Data-data tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh deskripsi tentang sistematika kesesuaian isi dengan tujuan dan penggunaan bahasa.Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis data diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama sistematika surat pribadi yang meliputi (1) satata basa (alamate layang bisa katulis pojok tengen utawa kiwa ing dhuwur) (2) adangiyah (tembung pamuji rahayu) (3) purwaka (kabar keslametan kang kirim layang lan pangarep-arep supaya kang dikirimi uga slamet) (4) surasa basa (isine layang kekarepane layang) (5) wasana basa (pungkasaning layang) (6) titi mangsa (nelakake wektu panulisaning layang) (7) peprenah (asale layang saka sapa) (8) tapak asta (tanda tangan) lan (9) asma terang (nama terang). Kedua kesesuaian isi dengan tujuan. Ketiga penggunaan bahasa yang meliputi penggunaan unggah-ungguh basa pilihan kata dan ejaan dan tanda baca. Berdasarkan hasil analisis sistematika surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang Sistematika penyusunan tepat sebanyak sebanyak 17 siswa (55%) kurang tepat sebanyak 10 siswa (32%) dan tidak tepat sebanyak 4 siswa (13%). Berdasarkan hasil analisis kesesuaian isi dengan tujuan dalam surat pribadi berbahasa Jawa tulisan siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang ketepatan isi dengan tujuan penyusunan tepat sebanyak 24 siswa (80%) kurang tepat sebanyak 4 siswa (13%) dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (7%). Berdasarkan hasil penggunaan bahasa dalam surat pribadi berbahasa jawa tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Pertama penggunaan unggah-ungguh basa dengan tepat sebanyak 3 siswa (10%) kurang tepat sebanyak 27 siswa (90%) dan tidak tepat sebanyak (0%). Kedua pilihan kata kategori tepat sebanyak 6 siswa (19%) kurang tepat sebanyak 23 siswa (74%) dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (7%). Ketiga penggunaan ejaan dan tanda baca kategori tepat sebanyak 4 siswa (13%) kurang tepat sebanyak 21 siswa (70%) tidak tepat sebanyak 5 siswa (17%). Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama bagi guru disarankan melakukan perbaikan pembelajaran menulis surat pribadi berbahasa Jawa agar siswa lebih terampil menulis surat pribadi. Kedua bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan surat pribadi misalnya pengembangan bahan ajar menulis surat pribadi berbahasa Jawa. Ketiga bagi siswa disarankan agar lebih giat belajar dan berlatih untuk menulis surat pribadi berbahasa Jawa dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item