Kemampuan berpikir kritis melalui kemampuan membaca siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang / Muhammad Sulthoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis melalui kemampuan membaca siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang / Muhammad Sulthoni

Sulthoni, Muhammad (2013) Kemampuan berpikir kritis melalui kemampuan membaca siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang / Muhammad Sulthoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulthoni Muhammad. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis melalui Kemampuan Membaca Siswa Kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang. Skripsi Program Studi Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Azizatuz Zahro M.Pd. Kata Kunci Berpikir kritis Membaca kritis Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Melalui kegiatan membaca seseorang mendapatkan informasi pengetahuan dan juga hiburan. Ketika membaca kritis siswa tidak sekedar membaca saja namun siswa harus membaca secara kritis terhadap bacaan yang dibacanya agar siswa memahami isinya. Terdapat beberapa tingkatan membaca pemahaman yaitu membaca literal membaca kritis dan membaca kreatif. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk melihat dan memecahkan masalah yang ditandai dengan sifat-sifat dan bakat kritis. Kegiatan membaca kritis sepenuhnya melibatkan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pendidikan yang memerlukan latihan-latihan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kemampuan membaca kritis siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang dan bagaimanakah kualitas kemampuan berpikir kritis yang terungkap melalui keterampilan membaca siswa VI MI Miftahul Huda Bandulan kelas Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Huda Bandulan Malang tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa akan tetapi satu siswa tidak masuk tanpa keterangan sehingga tes ini diikuti oleh 23 siswa . Langkah pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua tahapan. Pertama melakukan uji instrumen di kelas MI An-Nur Bokor Kec. Turen Kab. Malang yang berjumlah 25 siswa. Hasil uji instrumen tersebut dianalisis dan diperbaiki. Kedua melakukan uji pengambilan data di kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan. Setelah dilakukan tes data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil pengolahan data tersebut diklasifikasikan berdasarkan tingkat kemampuan membaca kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan seluruh siswa kelas VI MI Miftahul Huda dalam membaca kritis yang dijabarkan melalui persentase yakni tidak mampu (24 %) kurang mampu (46 %) cukup mampu (14 %) Mampu (16 %). Sedangkan kualitas seluruh siswa kelas VI MI Miftahul Huda dalam berpikir kritis yang dijabarkan melalui persentase yakni tidak kritis (20 %) kurang kritis (40 %) cukup kritis (19 %) kritis (21%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat diketahui bahwa nilai kemampuan membaca kritis siswa yang paling tinggi adalah kurang mampu (46%) sedangkan untuk berpikir kritis siswa yang paling tinggi adalah kurang kritis (40). Maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kemampuan membaca siswa kelas VI MI Miftahul Huda Bandulan Malang adalah kurang mampu dan kemampuan berpikir kritisnya adalah kurang kritis. Saran yang dapat diberikan bagi guru bahasa Indonesia dari hasil penelitian ini yaitu dapat dijadikan masukan untuk menambah pengetahuan dan kreativitas guru dalam menerapkan dan meningkatkan pemahaman bacaan membaca kritis dalam pembelajaran di sekolah. Peneliti lain juga dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ataupun mengembangkan teks pemahaman bacaan untuk penelitian selanjutnya yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item