Widodo, Gesang (2013) Peningkatan kualitas pembelajaran membaca pemahaman berita siswa kelas X SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari melalui strategi peta pikiran (mind mapping) / Gesang Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci membaca pemahaman berita berita strategi Peta Pikiran (Mind Mapping). Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari kemampuan berbahasa membaca siswa masih rendah karena belum mencapai standar kelulusan minimal nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni nilai 75. Hal ini disebabkan karena sekolah belum memiliki saran perpustakaan dan penyediaan buku yang memadai. Guru juga tidak menggunakan strategi belajar yang tepat sehingga murid di kelas mudah merasa bosan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil adalah metode pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping). Metode pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) adalah metode pembelajaran yang didasarkan pada cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Cara kerja metode pembelajaran ini mirip dengan cara kerja koneksi di dalam otak. Peta Pikiran juga memudahkan siswa untuk mengembangkan ide. Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam penguasaan pembelajaran siswa. Namun kenyataan di kelas X SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman berita perlu adanya peningkatan pembelajaran baik berupa kualitas proses belajar maupun kualitas hasil belajar siswa. Berdasarkan paparan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca berita siswa kelas X SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari melalui strategi Peta Pikiran (Mind Mapping). Peningkatan proses dan hasil pembelajaran dideskripsikan secara khusus yakni (1) proses kualitas pembelajaran kemampuan membaca pemahaman berita siswa kelas X SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari pada aspek perhatian dan aspek kerjasama antar siswa dan (2) hasil peningkatan kualitas pembelajaran membaca pada aspek kualitas pembelajaran menemukan tema isi dan kesimpulan berita melalui strategi Peta Pikiran (Mind Mapping). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas studi pendahuluan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan nontes (pedoman wawancara pedoman observasi pedoman catatan lapangan) dan tes (tes kemampuan membaca siswa). Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan proses dapat dilihat dengan meningkatnya kerja sama siswa dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian kualitas hasil pembelajaran membaca berita siswa kelas X melalui strategi Peta Pikiran (Mind Mapping) mengalami peningkatan dari studi pendahuluan siklus I dan siklus II pada aspek hasil belajar membaca berita. Pada aspek kemampuan menemukan tema isi dan kesimpulan berita nilai rata-rata kelas pada studi pendahuluan sebesar 52 atau termasuk dalam kategori tidak memadai. Nilai rata-rata kelas pada tindakan I sebesar 69 dan termasuk dalam kategori kurang. Hal itu menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata dari studi pendahuluan ke tindakan I sebesar 17 poin. Hasil tindakan II nilai rata-rata kelas sebesar 85 dan termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata pada tindakan II mengalami peningkatan sebesar 16 poin dibandingkan pada skor pelaksanaan tindakan siklus I.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |