Analisis operator perturbasi pada algoritma ILS-RVND untuk menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) / Muhammad Alwi Rozaq Ngisomuddin

Ngisomuddin, Muhammad Alwi Rozaq (2019) Analisis operator perturbasi pada algoritma ILS-RVND untuk menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) / Muhammad Alwi Rozaq Ngisomuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ngisomuddin, M. Alwi Rozaq. 2019. Analisis Operator Perturbasi Pada Algoritma ILS-RVND Untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Skripsi, Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Darmawan Satyananda, S.T., M.T. Kata Kunci: ILS-RVND, CVRP, perturbasi, rute, Delphi. Vehicle Routing Problem atau VRP merupakan permasalahan untuk menentukan suatu rute pendistribusian dengan jarak minimum. VRP memiliki banyak varian, salah satunya yaitu penentuan rute yang tepat dalam mengirimkan barang dengan kapasitas kendaraan yang terbatas atau CVRP. Solusi CVRP dapat ditentukan menggunakan suatu algoritma yang tepat agar mendapatkan solusi optimum. Ada berbagai macam algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan solusi CVRP, salah satunya yaitu ILS-RVND. Perhitungan dari algoritma ILS-RVND dilakukan secara multi-start yang menghasilkan solusi yang berbeda pada tiap iterasinya. Pada algoritma ILS-RVND terdapat dua tahap perbaikan, yakni tahap local search dan tahap perturbasi. Operator perturbasi yang digunakan pada tulisan ini yaitu Double Replace, Double Cross, Triple Shift, Triple Replace dan Triple Cross. Untuk memudahkan perhitungan dibutuhkan aplikasi penentuan solusi CVRP dengan algoritma ILS-RVND untuk menentukan solusi optimum. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Delphi dan kemudian akan diujikan pada operator perturbasi yang berbeda. Dari uji coba didapatkan bahwa secara umum kombinasi satu operator perturbasi memberikan hasil yang lebih baik dari pada kombinasi operator perturbasi yang lain. Kombinasi perturbasi yang memberikan hasil yang lebih baik yakni kombinasi Double Replace, dan Double Cross.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92679

Actions (login required)

View Item View Item