Penerapan analisis regresi ridge untuk mengatasi multikolinieritas pada model jumlah pengangguran di Kota Malang / Ainur Rohmah

Rohmah, Ainur (2020) Penerapan analisis regresi ridge untuk mengatasi multikolinieritas pada model jumlah pengangguran di Kota Malang / Ainur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah, A. 2019. Penerapan Regresi Ridge untuk Mengatasi Multikolinieritas pada Model Jumlah Pengangguran di Kota Malang.Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si Kata Kunci : regresi, regresi ridge, multikolinieritas, pengangguran. Analisis regresi linier ialah analisis yang dilakukan pada dua variabel yaitu antara variabel independen (prediktor) dan variabel dependen (respon) untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel prediktor terhadap variabel respon sehingga variabel respon dapat diduga berdasarkan variabel prediktornya. Ada beberapa asumsi klasik untuk menguji regresi linier agar terpenuhi yaitu uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Jika salah satunya tidak memenuhi misal tidak terjadi multikolinieritas maka dapat menyebabkan analisis regresi linier kurang valid. Cara menangani penyimpangan asumsi ini salah satunya dengan menggunakan analisis Regresi Ridge. Metode Regresi Ridge merupakan penyelesaian yang cukup baik, karena mengingat tujuan Regresi Ridge adalah untuk memperkecil variansi estimator koefisien regresi. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil perhitungan Regresi Ridge untuk mengetahui hasil keterkaitan dari jumlah pengangguran. Langkah – langkah dari Regresi Ridge terdapat di pembahasan dan didapatkan hasil persamaan regresi dengan interpretasi hasil : Koefisien regresi variabel (penduduk bekerja) sebesar -0,24 artinya jika penduduk bekerja mengalami kenaikan sebesar seribu orang maka (pengangguran) akan mengalami penurunan sebesar 240 orang. Koefisien regresi variabel (pekerja penuh) sebesar -0,3 artinya jika pekerja penuh mengalami kenaikan sebesar seribu orang maka (pengangguran) akan mengalami penurunan sebesar 300 orang. Koefisien regresi variabel (pekerja tidak penuh) sebesar 0,73 artinya jika pekerja tidak penuh mengalami kenaikan sebesar seribu orang maka (pengangguran) akan mengalami kenaikan sebesar 730 orang. Koefisien regresi variabel (penduduk usia kerja) sebesar 0,35 artinya jika penduduk usia kerja mengalami kenaikan sebesar seribu orang maka (pengangguran) akan mengalami kenaikan sebesar 350 orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92678

Actions (login required)

View Item View Item