Penggunaan metode error correction model untuk menganalisis pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dollar (US) tahun 2014-2018 / Sisfi Risma Aprilia

Aprilia, Sisfi Risma (2019) Penggunaan metode error correction model untuk menganalisis pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dollar (US) tahun 2014-2018 / Sisfi Risma Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprilia, SisfiRisma. 2019. Penggunaan Metode Error Correction Model untuk Menganalisis Pengaruh Nilai Tukar Mata Uang terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2014-2018. Skripsi, JurusanMatematika, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si. Kata Kunci:Error Correction Model, Pertumbuhan Ekonomi, Nilai Tukar Mata Uang. Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi perubahan perekonomian dalam suatu negara untuk mencapai keadaan yang lebih baik dalam periode tertentu. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah nilai tukar mata uang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan nilai tukar mata uang dengan melihat pengaruh dari beberapa variabel yaitu inflasi, jumlah uang beredar, ekspor, impor dan membentuk model ECM Domowitz-El Badawi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data deret waktu bulanan sebanyak 60 observasi mulai dari tahun 2014-2018. Metode analisis yang digunakan adalah uji MWD dan uji B-M untuk menentukan model yang akan digunakan linier atau log linier. Metode Error Correction Model (ECM) digunakan untuk melihat pengaruh setiap variabel dalam jangka panjang dan jangka pendek.Dalam metode Error Correction Model (ECM) terdapat dua model yang dapat digunakan yaitu Model Engle-Granger dan Model Domowitz-EL Badawi. Tetapi dalam penelitian ini Model yang sesuai untuk digunakan adalah Model Domowitz-El Badawi, karena nilai koefisien ECT yang dihasilkan bernilai positif dan probabilitasnya signifikan terhadap nilai alfa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92676

Actions (login required)

View Item View Item