Perbandingan algoritma sequential search dengan binary search pada aplikasi kamus digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) / Suci Elmi Al Falah

Al Falah, Suci Elmi (2019) Perbandingan algoritma sequential search dengan binary search pada aplikasi kamus digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) / Suci Elmi Al Falah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al Falah, Suci Elmi. 2019. Perbandingan Algoritma Sequential Search dengan Binary Search pada Aplikasi Kamus Digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Mahmuddin Yunus, S.Kom, M.Cs. Kata Kunci: Kamus Digital SIBI, Sequential Search, Binary Search. Komunikasi merupakan hal yang penting, tak terkecuali kaum tunarungu. Namun, dalam hal berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat. Bahasa isyarat baku yang diterapkan di Indonesia adalah Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Departemen Pendidikan Nasional telah menerbitkan kamus konvensional SIBI yang berjumlah >1800 halaman, sehingga masyarakat enggan untuk mempelajarinya. Sehingga solusi yang dapat ditawarkan adalah membuat aplikasi kamus digital SIBI. Kamus digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) merupakan aplikasi penerjemah kalimat berbahasa Indonesia ke dalam Bahasa isyarat. Pada penelitian ini, algoritma yang digunakan dalam pencarian kata untuk diterjemahkan ke dalam bahasa isyarat adalah algoritma Sequential Search dan Binary Search. Algoritma Sequential Search adalah metode pencarian data yang sudah terurut maupun acak. Algoritma ini bekerja dengan mencocokkan data dengan database secara satu persatu sampai ditemukan, jika tidak ditemukan maka akan berakhir. Sedangkan, algoritma Binary Search adalah metode pencarian data yang sudah terurut. Dua algoritma tesebut merupakan algoritma yang sederhana dan banyak digunakan. Studi perbandingan dari kedua algoritma tersebut belum pernah dilakukan terutama pada aplikasi kamus digital SIBI. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai studi perbandingan dari kedua algoritma tersebut dengan melihat waktu eksekusi dari masing-masing algoritma sehingga dapat diketahui algoritma mana yang lebih efektif dalam pencarian kata yang akan diterjemahkan. Hasil penelitian terhadap 17 jenis kata dengan masing-masing 10 waktu eksekusi menunjukkan bahwa algoritma Binary Search memiliki waktu eksekusi lebih efektif dalam melakukan pencarian kata dengan hasil 140 dari 170 data yang diambil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92675

Actions (login required)

View Item View Item