Widodo, Irwansyah Hadi Prasetyo (2019) Intelligent Tutoring System (ITS) untuk identifikasi tingkat pemahaman materi bangun ruang pada siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VIII / Irwansyah Hadi Prasetyo Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Widodo Irwansyah Hadi Prasetyo. 2019. Intelligent Tutoring System (ITS) untuk Identifikasi tingkat pemahaman Bangun Ruang pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lucky Tri Oktoviana S.Si. M.Kom. Kata Kunci its delphi 7 bangun ruang Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi prestasi peserta didik antara lain yaitu faktor guru faktor pemahaman siswa serta alat bantu yang mendukung misalnya komputer. Komputer yang diberi kecerdasan buatan berupa Intelligent Tutoring System (ITS) berbasis sistem pakar bisa dimanfaatkan di dunia pendidikan bahkan di materi matematika misalnya bangun ruang. Bangun ruang dijadikan masalah karena merupakan materi yang akan digunakan di materi selanjutnya bahkan di mata pelajaran lainnya. Dengan adanya ITS siswa dapat belajar mandiri bahkan ketika guru berhalangan hadir karena kepakaran guru disalin ke ITS. Tujuan pengembangan program Intelligent Tutoring System adalah mengidentifikasi tingkat pemahaman materi bangun ruang siswa MTS yang valid dan praktis. Proses penelitian dan pengembangan dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi Delphi 7 dengan metode Four D-Model yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk (1974). Tahap-tahap dalam model pengembangan ini terdiri dari mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Tahap keempat yaitu menyebarluaskan (disseminate) hanya dilakukan lingkup terbatas pada MTSN 3 Mojokerto karena masih dalam tahap penelitian. Hasil dari angket penilaian yang dinilai oleh guru untuk validasi materi tes materi dan kesesuaian dengan RPP diperoleh nilai 4 38 dari nilai maksimal 5. Penilaian untuk kemudahan produk dari 30 siswa diperoleh nilai 4 20 dari nilai maksimal 5. Jadi karena nilai lebih dari 4 maka produk Intelligent Tutoring System untuk identifikasi tingkat pemahaman materi bangun ruang siswa MTS kelas VIII praktis baik dari segi guru maupun siswa. Dewan Penguji Anggota Anggota Lucky Tri Oktoviana S.Si. M.Kom. Syaiful Hamzah N. S.Si M.Pd NIP. 196810031997022001 NIP. 196212311991031020 Ketua Dra. Susy Kuspambudi Andaini M.Kom. NIP. 195904191988122001
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/92672 |
Actions (login required)
View Item |